News & Articles

13 February 2016
Punya Jaket Kulit Asli Sapi? Begini Cara Merawatnya!

Jika Anda adalah seorang penggemar jaket kulit, mungkin Anda tahu bahwa jaket kulit yang berbahan dasar kulit sapi asli merupakan jaket kulit yang mempunyai karakteristik kaku, apalagi jika dibandingkan dengan jaket kulit yang berbahan dasar kulit domba yang lembut. Dan karena karakteristik ini, jaket kulit asli sapi memang sangat cocok dipakai untuk mengendarai sepeda motor, dan jaket kulit asli sapi ini memang menjadi pilihan bagi para biker yang gemar melakukan touring. Selain itu jaket kulit asli sapi ini juga akan memberikan kesan garang bagi orang yang memakainya. Namun ternyata walaupun karakterisik jaket kulit asli sapi ini juga dapat rusak dan tidak mampu mempertahankan kualitasnya jika tidak dirawat dengan baik.

Dan masalah-masalah yang sering terjadi pada jaket kulit asli sapi ini antara lain pudarnya warna dari jaket kulit tersebut, terkena jamur yang membandel, dan jaket juga terkadang menjadi terlalu kaku sehingga kurang nyaman pada saat digunakan. Selain masalah pada kulit itu sendiri, terkadang juga terjadi masalah pada aksesori-aksesori yang menempel pada jaket kulit tersebut, salah satu contohnya ada resleting dari jaket kulit tersebut, yang bisa macet dan menjadi berkarat.

Karena masalah-masalah yang disebutkan diatas, maka ada baiknya Anda selalu merawat jaket kulit asli sapi kesayangan Anda, berikut merupakan tips-tips yang mungkin akan membantu Anda.

Perhatikan jika hendak mencuci jaket kulit asli sapi

Jika jaket kulit Anda ini sering Anda pakai, tentu saja wajar jika pakaian tersebut menjadi kotor dan butuh dicuci. Tetapi Anda harus berhati-hati, Anda sebaiknya tidak mencuci jaket kulit ini dengan menggunakan deterjen seperti ketika Anda mencuci pakaian-pakaian Anda lainnya. Dan kami menyarankan untuk mencucinya menggunakan jasa laundry profesional, karena pada saat akan disetrikapun, jaket ini sebaiknya disetrika menggunakan setrika uap. Tentu saja petugas laundry sudah paham dengan hal ini.

Jemur di tempat teduh

Seperti kebanyakan pakaian lain juga, jika memang Anda akan mencuci dan membersihkan sendiri, pastikan Anda tidak menjemur jaket kulit asli sapi ini langsung dibawah terik matahari. Cukup gantung pada tempat yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Simpan di tempat yang tidak lembab

Dan jika Anda hendak menyimpan jaket kulit asli sapi ini, pastikan Anda menyimpannya pada tempat yang bersih dan tidak lembab. Dan pastikan juga tempat penyimpanan tersebut tidak terpapar dengan sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar jaket kulit tidak berjamur atau menjadi lebih kaku dari seharusnya. 

Gunakan lotion kulit secara rutin

Menggosok jaket kulit asli sapi Anda dengan lotion khusus untuk pakaian berbahan dasar kulit asli bertujuan agar jaket kulit Anda tidak menjadi kaku dan tidak nyaman untuk dipakai. Anda dapat melakukannya secara rutin sebanyak satu sampai dengan dua kali dalam seminggu. Jika Anda rajin melakukan hal ini, maka kelenturan jaket kulit asli sapi Anda akan tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda sudah membaca artikel diatas, Anda akan mengetahui bagaimana cara merawat jaket kulit yang berbahan dasar kulit sapi asli milik Anda. Tentunya Anda ingin jaket kulit kesayangan Anda tersebut selalu dalam kondisi terbaik saat dipakai, terutama pada saat melakukan touring bersama komunitas biker Anda jika Anda adalah seorang biker. Demikian informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga memberikan manfaat untuk Anda semua.