News & Articles

2 November 2015
Melembutkan pakaian tanpa pelembut?

Untuk Anda yang biasa mencuci pakaian sendiri, pelembut pakaian tentunya tidak asing lagi bagi Anda. Dan mungkin sebagian dari Anda tidak tahu bahwa pelembut pakaian tidak hanya berfungsi untuk melembutkan pakaian, tetapi juga dapat mencegah warna pakaian Anda memudar.

Pada artikel ini, WonderWash ingin memberikan informasi tentang pelembut pakaian kepada Anda semua. Sebelumnya Anda tentu ingin tahu bagaimana pelembut pakaian yang ada di pasaran ini membuat pakaian Anda lebih lembut dan lebih nyaman dipakai. Dan untuk itu kita akan belajar sedikit mengenai ilmu kimia. Pengetahuan adalah sesuatu yang mahal harganya, kami yakin informasi ini akan berguna untuk Anda.

Jika kita mempelajari ilmu kimia, kita akan mengetahui bahwa ternyata bahan kimia yang ada mempunya sifat yang berbeda-beda, ada yang bersifat asam dan ada yang bersifat basa. Anda tentu tau jika kita mencuci pakaian, pada umumnya kita pasti akan menggunakan deterjen. Deterjen yang kita gunakan ini memiliki kandungan bahan kimia yang bersifat basa, dan yang terjadi adalah pakaian yang kita cuci cenderung menjadi lebih kaku setelah proses pencucian, hal ini disebabkan oleh pembilasan yang kurang sempurna. Pembilasan yang tidak sempurna menyebabkan adanya sisa deterjen dalam jumlah yang tidak sedikit pada pakaian Anda.

Disinilah peranan pelembut pakaian diperlukan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, deterjen yang kita pakai bersifat basa, itu artinya memiliki derajat keasaman yang tinggi yaitu diatas 7. Dan karena hal ini pakaian menjadi lebih kaku. Derajat keasaman ini harus diturunkan untuk membuat pakaian yang Anda cuci menjadi lebih lembut dengan menggunakan pelembut pakaian pada saat pembilasan terakhir.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana jika Anda ingin menggunakan pelembut tetapi Anda sedang tidak memiliki pelembut pakaian di rumah Anda? Dengan pengetahuan yang cukup, kita bisa mengerti bahwa terkadang ada fungsi lain yang tidak kita ketahui dari bahan-bahan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata kita dapat menggunakan bahan asam lain yang biasanya sudah terdapat di dapur Anda, yaitu asam cuka atau yang kita kenal dengan cuka makan. Menarik bukan? Kita ternyata dapat menggunakan cuka makan untuk melembutkan pakaian. Berapa banyak dari Anda semua yang sudah mengetahui hal ini?

Cara menggunakan cuka makan sebagai pelembut pakaian dapat dihitung dengan rumus kimia. Tetapi tenang saja, Anda tidak perlu menghitung rumus kimia tersebut. Kami akan membagikan tips yang langsung bisa Anda terapkan langsung tanpa menghitung rumus-rumus kimia tersebut.

Bagaimana caranya?

Anda dapat menambahkan cuka makan sebanyak 10-20 ml per 10 liter air. Dan mudah saja, setelah larutan cuka dan air ini jadi, Anda bisa langsung merendam pakaian yang telah dicuci tersebut ke dalam larutan ini. Dan setelah itu diamkan saja selama 5 – 10 menit kemudian angkat pakaian Anda, lalu peras dan jemur.

Ternyata ada keuntungan lain dengan menggunakan cara ini, selain pakaian Anda menjadi lebih lembut, larutan cuka makan dan air ini terbukti juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian Anda sehingg Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus dengan menggunakan cara ini.

Tips yang kami bagikan ini sangat berguna jika Anda sedang tidak memiliki pelembut pakaian di rumah Anda, tetapi tetap saja, kami menganjurkan Anda menggunakan pelembut pakaian yang beredar di pasaran dan memang mempunyai fungsi untuk melembutkan pakaian ketika Anda mencuci pakaian. Kami berharap informasi ini berguna untuk Anda, selamat mencoba!