News & Articles

4 November 2015
Tips Jitu Membersihkan Sepatu Putih

Tidak hanya pakaian yang berwarna putih, sepatu yang berwarna putih pun tetap membutuhkan perawatan yang khusus agar sepatu tersebut dapat tetap terlihat bersih dan tentunya akan meningkatkan penampilan Anda saat memakainya. Dan tentunya untuk membersihkan sepatu putih membutuhkan tantangan tersendiri. Karena jika dibandingkan dengan pakaian, sepatu cenderung lebih cepat kotor. Hal ini dikarenakan sepatu lebih sering bersentuhan dengan kotoran dalam fungsinya melindungi kaki Anda setiap harinya. Setelah Anda memakai sepatu Anda beberapa kali, tentunya noda dan kotoran tidak dapat anda hindari, namun sulitnya membersihkan sepatu terutama yang berwarna putih bukan berarti Anda tidak bisa merawatnya agar selalu terlihat bersih dan berkelas untuk Anda pakai.

Berikut beberapa tips-tips yang dapat Anda pakai untuk membersihkan sepatu, terutama sepatu yang berwarna putih:

Deterjen

Sama seperti membersihkan pakaian, deterjen juga dapat menjadi pilihan yang utama untuk membersihkan sepatu putih Anda. Dan penggunaan deterjen untuk membersihkan sepatu putih juga merupakan cara yang paling umum untuk mencuci serta membersihkan sepatu.

Sebelumnya Anda terlebih dahulu menyiapkan air rendaman yang telah Anda campurkan dengan deterjen, setelah itu rendamlah sepatu putih Anda dalam air rendaman tersebut. Biarkan selama kurang lebih 10 – 20 menit, lalu gosok sepatu putih Anda terutama pada bagian yang terdapat noda dengan kain atau sikat yang lembut.

Fungsi deterjen yang dapat mengangkat kotoran pada pakaian juga berlaku pada sepatu Anda, sehingga dengan cara merendam sepatu pada air yang tercampur dengan deterjen akan sangat membantu Anda membersihkan sepatu putih Anda dengan mudah.

Spons yang basah

Jika Anda belum mempunyai waktu yang cukup untuk merendam dan mencuci sepatu putih Anda pada air deterjen. Anda dapat selalu menyediakan spons basah di rumah Anda. Menggunakan spons basah merupakan cara yang paling sederhana untuk membersihkan sepatu putih. Gunakan spons basah ini untuk menyeka noda dan kotoran yang menempel pada sepatu Anda. Setidaknya cara ini akan mencegah noda tersebut menempel secara permanen pada sepatu putih Anda. Dan jika Anda mempunyai waktu yang cukup, Anda  dapat mencuci sepatu Anda dalam air deterjen untuk dapat membersihkan sepatu Anda dengan sempurna.

Lemon

Tips yang ketiga ini tentu merupakan tips yang mungkin jarang Anda temui dalam membersihkan sepatu putih. Campuran lemon dan garam sangat berguna untuk meringankan noda pada sepatu putih, terutama jika Anda sering berkeringat pada bagian kaki. Campuran ini juga dapat menyingkirkan bau keringat dari sepatu putih Anda dan mampu mengurangi noda kuning akibat keringat tersebut.

Baking soda

Anda perlu selalu menyiapkan baking soda di rumah Anda jika Anda mempunyai banyak sekali koleksi sepatu yang berwarna putih. Karena ternyata selain deterjen, baking soda juga dapat berfungsi sebagai pemutih alami. Oleh karena itu, bahan ini sering sekali digunakan untuk membersihkan noda pada sepatu yang berwarna putih. Anda dapat menambahkan baking soda ke dalam air rendaman yang telah tercampur dengan deterjen sebelumnya. Lalu rendam sepatu putih Anda dan gosok noda dan kotoran dari sepatu putih Anda, setelah itu bersihkan dengan kain atau spons bersih dan lalu jemur sepatu putih Anda di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Sekarang Anda telah mengerti bagaimana merawat sepatu putih kesayangan Anda, dan pastikan Anda selalu mengeringkan sepatu Anda di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bau keringat dan juga membunuh kuman-kuman yang ada. Dengan sepatu putih yang bersih, Anda akan lebih percaya diri.