News & Articles

17 February 2016
Tips Ruang Laundry Canggih Di Rumah Anda

Bagi kebanyakan orang, tempat mencuci pakaian yang berada di rumah masing-masing bukanlah tempat favorit seperti ruang keluarga, ruang menonto televisi, ruang makan, dan ruang lainnya. Tetapi pada masa sekarang ini, terutama di negara-negara maju, ruang laundry atau ruang mencuci pakaian seperti telah berevolusi menjadi ruangan yang dipenuhi peralatan-peralatan mencuci yang “hi-tech”, dan hal ini membuat ruang laundry pada rumah-rumah modern tersebut menjadi ruangan yang juga menarik perhatian seluruh penghuni rumah tersebut, tidak hanya ibu-ibu saja yang biasanya mencuci pakaian keluarga, tetapi anggota keluarga yang lain juga dapat menggunakan peralatan-peralatan mencuci tersebut karena kemudahan yang ditawarkan peralatan-peralatan mencuci yang semakin canggih tersebut.

Dan jika ingin menata kembali ruang laundry di rumah Anda agar menjadi lebih rapi secara penampilan dan juga secara fungsional, maka simak tips-tips berikut ini tentang peralatan apa saja yang harus dibuat ataupun dipersiapkan.

Mesin pencuci dan pengering yang hemat air dan listrik

Pada masa sekarang ini, mesin cuci dan mesin pengering sudah sangat canggih, banyak sekali perusahaan-perusahaan berlomba-lomba membuat mesin cuci yang berkualitas. Anda dapat mengunjungi website kami yang lain yaitu WashingFactory.com jika Anda ingin bertanya langsung mengenai mesin cuci yang berkualitas. Dan jika Anda memang ingin memiliki mesin cuci yang hemat air dan energy, maka disarankan Anda memakai mesin cuci bukaan depan yang dikenal sebagai Front-Loading Washing Machine. Mesin cuci model ini biasanya lebih hemat energy listrik dan penggunaan air hingga 70 persen jika dibandingkan dengan mesin cuci bukaan atas. Dan Beberapa mesin cuci pada masa sekarang telah memiliki fitur pencucian turbo yang dapat mencuci dengan sangat cepat dengan hasil yang baik, dan karena proses mencuci jadi lebih singkat, otomatis listrik yang dipakai juga tidak banyak. Bahkan ada juga yang telah terkoneksi dengan aplikasi smartphone yang memungkinkan Anda tahu bahwa proses mencuci telah selesai langsung dari perangkat smartphone Anda.  Dan untuk mesin pengering, juga sudah ada yang memiliki fitur untuk berhenti otomatis jika pakaian telah mengering yang diketahui dari sebuah sensor khusus. Sekali lagi akan memotong biaya listrik dengan optimal.

Pendeteksi kebocoran

Alat ini mungkin masih tidak umum ditemukan di setiap rumah di Indonesia, namun alat ini sudah mulai banyak dipakai dibanyak negara maju. Alat ini penting karena dapat mendeteksi adanya kebocoran pada mesin cuci Anda. Dan jika memang terjadi kebocoran maka alat ini akan membuat air yang dialirkan ke mesin cuci berhenti secara otomatis, dan akan menimbulkan bunyi alarm atau bahkan mengirimkan pesan kepada pemilik melalui email, luar biasa bukan?

Ventilasi

Ventilasi sangatlah penting jika Anda mempunyai ruangan laundry di tempat yang tertutup dalam rumah Anda, dengan membuat sistem ventilasi yang baik pada ruangan laundry Anda, maka ruangan Anda akan bebas dari kelembapan yang akan mengganggu kebersihan ruangan tersebut.

Wastafel serbaguna

Ruangan laundry tentu harus juga memiliki wastafel seperti dapur, Anda bisa memakainya untuk mencuci tangan, membuang kotoran yang menempel pada pakaian, dan mungkin memandikan anjing peliharaan Anda.

Membuat kompartemen yang dapat dilipat dan ditarik

Ruangan laundry yang berada dirumah biasanya tidak terlalu luas, karenanya Anda harus mempertimbangkan kompartemen yang dapat dilipat dan ditarik, misalnya meja setrika  yang dapat dilipat dan langsung dimasukkan kedalam laci, dan jika ingin menggunakannya, Anda tinggal menariknya saja dari laci tersebut.

Peralatan lain

Peralatan lain yang dapat Anda siapkan untuk ruangan laundry yang berteknologi tinggi yaitu setrika yang canggih pula. Selain itu Anda dapat melengkapi ruangan tersebut alat-alat hiburan seperti televisi dan gadge lainnya. Dan yang terakhir adalah dekorasi ruangan tersebut, buatlah senyaman dan semenarik mungkin agar pekerjaan mencuci terasa menjadi lebih menyenangkan.

Article source: techomebuilder.com