News & Articles

5 November 2015
Tips Merawat Baju Berwarna Putih

Jika Anda membuka lemari pakaian Anda, coba hitung ada berapa banyak baju Anda yang berwarna putih? Hampir semua orang pasti memiliki baju yang berwarna putih. Dan ada sebuah masalah yang selalu muncul dengan baju berwarna putih, karena lama-kelamaan baju putih Anda akan terlihat tidak cerah lagi dan bahkan menjadi kekuningan.

Kabar baik untuk Anda, ternyata ada cara untuk merawat dan mempertahankan baju putih Anda agar terlihat cerah dan tampak bersih lebih lama. Untuk itu Anda harus tahu terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang menyebabkan baju putih Anda menjadi tidak cerah lagi agar Anda dapat menghindarinya.

Berikut ini adalah tips-tips untuk merawat baju putih Anda:

  1. Air yang dipakai untuk mencuci

Jika Anda mencuci baju yang berwarna putih, Anda harus memperhatikan benar-benar Air yang Anda pakai untuk mencuci. Air yang dipakai untuk mencuci merupakan faktor nya paling berpengaruh terhadap kondisi baju putih Anda. Sebisa mungkin hindari air sumur untuk mencuci baju putih Anda, terutama air sumur yang telah berwarna kekuningan atau bahkan telah berwarna kecoklatan.

Anda mungkin berpikir akan selalu aman jika memakai air PDAM untuk mencuci pakaian putih Anda. Tetapi sebenarnya, walapun terlihat jernih dan bersih, ternyata air PDAM yang baru keluar dari keran mengandung banyak partikel-partikel yang menyebabkan baju menguning, diantaranya adalah zat besi. Oleh karena itu jika Anda ingin menyiasati hal ini, Anda sebaiknya menampung terlebih dahulu  air PDAM ini dan dibiarkan selama 1 minggu agar partikel-partikel yang ada mengendap, air penampungan ini bisa anda siapkan khusus untuk mencuci pakaian anda yang berwarna putih.

  1. Chlorine

Dalam melakukan proses pencucian, tentu saja ada banyak bahan kimia yang terlibat seperti deterjen dan zat pembersih lainnya. Tetapi khusus untuk baju putih Anda, sebaiknya Anda menghindari penggunaan chlorine dalam proses mencuci. Karena sifat chlorine yang dapat menyebabkan baju putih lebih cepat menguning dan juga melunturkan warna lain. Selain menyebabkan baju menguning, chlorine juga dapat menyebabkan pakaian Anda menjadi rapuh. Anda perlu cermat dalam memilih bahan-bahan kimia yang Anda pakai dalam proses mencuci, terutama saat mencuci baju yang berwarna putih.

  1. Pembilasan yang tidak bersih

Setelah mencuci baju putih Anda, Anda tentu harus membilas dahulu sebelum melakukan proses penjemuran. Anda harus memastikan bahwa pembilasan yang dilakukan harus sampai benar-benar bersih. Karena jika pembilasan yang dilakukan tidak bersih, maka pada baju putih Anda masih tertinggal bahan-bahan pembersih  yang membawa kotoran dari baju Anda sebelum dicuci. Dan ketika Anda menjemur pakaian, maka bahan-bahan yang menempel ini akan membuat baju Anda menguning.

  1. Sinar matahari langsung

Pada saat Anda menjemur pakaian, sebisa mungkin hindari sinar matahari langsung. Ternyata sinar matahari langsung juga berperan sangat besar dalam membuat baju yang berwarna putih menjadi berwarna kekuningan.

Mudah saja bukan merawat baju atau pakaian yang berwarna putih jika Anda tau tips-tips seperti yang sudah disebutkan sebeumnya? Memang baju yang berwarna putih jika dipakai dalam jangka waktu yang lama akan cenderung menjadi berwarna kekuningan dan tidak cerah. Tetapi setidaknya Anda dapat memperlambat proses itu terjadi. Baju putih seharusnya membuat Anda terlihat lebih segar, bersih dan tampak cerah, tidak membuat Anda terlihat lusuh dan kotor ketika Anda memakai baju putih yang sudah berwarna kekuningan tersebut.