News & Articles

6 November 2015
Mengeringkan Pakaian Pada Waktu Hujan? Bisa!

Bayangkan Anda sedang mencuci pakaian di rumah, lalu ketika akan menjemur pakaian tersebut tiba-tiba hujan deras terjadi, dan parahnya lagi pakaian yang Anda cuci harus Anda pakai atau keluarga Anda pakai harus digunakan pada esok hari. Terdengar seperti pernah terjadi? Pastinya kejadian seperti akan membuat Anda menjadi kesal dan bingung karena pakaian tersebut sudah harus siap untuk dipakai esok hari, seperti baju seragam contohnya. Tetapi jangan khawatir karena sebenarnya banyak sekali tips-tips yang bisa dipakai untuk mengeringkan baju walaupun tanpa sinar matahari. Seperti menyediakan mesn pengering pakaian yang biasa dipakai oleh tempat-tempat usaha laundry, tetapi tidak semua orang dapat menyediakan mesin pengering pakaian ini, oleh sebab itu kami mempunyai tips-tips bagaimana mengeringkan baju saat cuaca tidak mendukung.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda pakai untuk mengeringkan pakaian saat cuaca tidak mendukung:

  1. Menggunakan mesin pengering rambut atau hair dryer

Anda mungkin saja berpikir bahwa untuk mengeringkan pakaian, harus ada sesuatu yang panas, tetapi sebenarnya pakaian yang basah juga bisa kering asalkan ada bantuan angin. Jika Anda memilki mesin pengering rambut atau hair dryer di rumah Anda, Anda bisa menggunakannya untuk mengeringkan pakaian Anda. Cukup dengan mengangin-angin kan saja pakaian Anda dengan menggunaan hair dryer ini dan biarkan sampai pakaian Anda kering.

  1. Menggunakan kipas angin

Pada dasarnya mirip seperti menggunakan hair dryer, dan bahkan lebih mudah karena angina yang dihasilkan oleh kipas angin cenderung lebih kuat. Anda dapat meletakkan pakaian-pakaian tersebut di depan kipas angin, biarkan sampai kering dan siap untuk di setrika.

  1. Menggunakan lampu rumah

Anda pasti bingung bagaimana bisa mengeringkan pakaian yang basah dengan lampu rumah. Tetapi seperti sinar matahari, lampu juga menghasilkan panas seperti matahari untuk mengeringkan pakaian Anda yang masih basah, walaupun tidak sekuat panas sinar matahari. Tetapi paling tidak pakaian basah Anda bisa mongering untuk dipakai keesokan hari. Caranya mudah saja, yaitu dengan menggantungkan pakaian Anda dekat dengan lampu rumah tersebut. Dan jika terpapar cahaya lampu yang hangat dalam waktu yang cukup lama, pakaian Anda dapat mengering, walaupun mungkin tidak sekering seperti dijemur dibawah sinar matahari langsung. Namun cara ini bisa Anda gunakan dalam keadaan darurat.

  1. Gunakan handuk kering

Jika Anda memiliki mesin cuci yang mempunyai fitur pengering pakaian, cara ini dapat Anda gunakan agar proses pengeringan lebih cepat saat tidak ada sinar matahari langsung yang membantu proses pengeringan. Caranya adalah dengan memasukkan handuk kering tersebut bersama dengan pakaian basah Anda ke dalam mesin pengering yang ada didalam mesin cuci tersebut. Handuk yang kering ini akan membantu menyerap air dari pakaian yang basah, sehingga proses pengeringan dengan bantuan mesin cuci ini menjadi lebih cepat dan efektif.

  1. Gunakan setrika

Ya Anda dapat mempercepat pengeringan dengan menggunakan setrika, tetapi maksudnya disini adalah bukan menyetrika baju Anda dalam keadaan basah sampai menjadi kering. Caranya adalah dengan menyetrika baju Anda pada saat kondisi pakaian dalam keadaan lembab. Ingat cara ini tidak boleh digunakan jika pakaian Anda dalam keadaan basah dan banyak air. Dan setelah Anda setrika, lalu angina-anginkan pakaian tersebut dengan menggunakan gantungan pakaian, diamkan semalaman dan esok paginya pakaian Anda sudah kering dan dapat Anda setrika lagi untuk hasil yang lebih rapi. Cara ini bisa berguna karena strika dapat membantu proses penguapan pada saat pakaian Anda masih lembab.

Demikian tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan pakaian Anda yang masih basah ketika cuaca tidak mendukung. Semoga bermanfaat untuk Anda.