News & Articles

6 November 2015
Tips Mencegah Alergi Deterjen Pada Kulit

Mencuci pakaian Adalah kegiatan yang umum dilakukan dirumah, terutama ibu-ibu rumah tangga. Namun ada sebagian orang yang ternyata alergi terhadap deterjen yang biasa dipakai dalam proses mencuci pakaian. Dan sebelumnya Anda perlu mengetahui dahulu sedikit informasi mengenai alergi deterjen pada kulit.

Alergi deterjen pada kulit

Untuk Anda yang mengalami alergi pada deterjen, Anda perlu tahu bahwa kejadian ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh Anda menggangap deterjen tersebut sebagai benda asing yang akan menyebabkan penyakit. Keadaan ini dikenal dalam dunia kedokteran sebagai dermatitis kontak, yang membuat kulit Anda mengalami peradangan karena zat-zat yang terkandung di dalam deterjen tersebut.

Dermatitis kontak ini seringkali ada pemicunya terlebih dahulu, paling sering disebabkan oleh bahan kima alami dan sintetis yang bisa ditemukan dalam macam-macam benda, bisa dari sabun cuci, pembersih rumah tangga, parfum, bubuk deterjen, perhiasan logam, kosmetik, bahkan dari salep antibiotik sekalipun. Bahan-bahan didalam benda-benda tersebut yang dapat memicu alergi tersebut disebut zat alergen. Sebenarnya bagi sebagian orang, bahan-bahan tersebut tidak menimbulkan efek apapun yang merugikan, tetapi bagi sebagian orang bahan-bahan tersebut dapat mengakibatkan reaksi alergi. Reaksi alergi ini disebabkan karena reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh orang tertentu untuk melindungi tubuh dari alergen, kejadian ini membuat tubuh memproduksi antibodi yang disebut immunoglobulin E (IgE). Dan untuk mempertahankan tubuh terhadap alergen, IgE merangsang sel-sel yang ada di dalam tubuh seperti sel mast dan basofil untuk melepaskan bahan-bahan seperti histamin ke dalam aliran darah. Oleh karena itu terkadang reaksi alergi ini juga bisa terjadi di organ-organ lain seperti mata, hidung, tenggorokan, saluran pernafasan, saluran pencernaan dan kulit itu sendiri. Dan orang yang dapat mengalami alergi ini biasanya merupakan faktor keturunan.

Untuk lebih memahami alergi ini, Anda juga perlu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan agar Anda bisa lebih yakin bahwa kelainan kulit yang ditimbulkan murni karena deterjen dan akhirnya Anda dapat mengatasi hal ini terjadi. Tetapi jika Anda ingin lebih yakin, Anda harus pergi ke dokter untuk memastikan bahwa kelainan kulit yang Anda alami adalah karena deterjen.

Gejala-gejala yang muncul pada alergi karena deterjen:

Dan setelah mengetahui masalah Anda dengan deterjen yang membuat kulit mengalami reaksi alergi, Anda dapat mencegahnya dengan mengikuti tips-tips berikut ini:

Sekarang Anda telah mengetahui informasi-informasi tentang alergi deterjen dan cara mencegahnya, semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda.