News & Articles

8 November 2015
Tips Merawat Mesin Cuci

Walaupun terkadang Anda menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju, tetapi pasti banyak dari Anda yang juga mempunyai mesin cuci di rumah Anda masing-masing bukan? Anda juga perlu tahu bagaimana cara merawat serta membersihkan mesin cuci Anda secara benar. Jika tidak, umur mesin cuci kesayangan Anda tidaklah panjang, dan tentunya hal ini akan sangat merugikan Anda.

Mesin cuci perlu sekali untuk dirawat karena setiap Anda menggunakan mesin cuci tersebut, pasti ada kotoran-kotoran yang tertinggal dari hasil proses pencucian pakaian, dan jika tidak Anda bersihkan, maka kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk. Karena kotoran-kotoran yang menumpuk tersebut, maka beban kerja mesin akan bertambah dan berakibat membuat hasil cucian Anda menjadi tidak bersih. Bahkan mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin cuci Anda. Selain kotoran-kotoran bahan-bahan lain juga akan menumpuk di dalam mesin cuci Anda seperti bahan-bahan kimia, mineral, serta deterjen yang digunakan untuk mencuci.

Memang Anda memerlukan petugas khusus yang mengerti benar cara merawat dan membersihkan mesin cuci Anda agar hasil yang didapat lebih maksimal, tetapi Anda dapat melakukan perawatan-perawatan harian agar kualitas mesin cuci Anda tetap dalam kondisi maksimal.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda lakukan setiap hari atau setiap beberapa hari sekali untuk merawat serta membersihkan mesin cuci Anda:

  1. Membersihkan pintu mesin cuci

Ya dari hal yang paling awal terlebih dahulu, Anda harus secara berkala membersihkan pintu masuk mesin cuci Anda. Jika pintu mesin cuci Anda saja kotor, bagian dalam juga akan kotor, karena setiap menggunakan mesin cuci, Anda akan selalu memegang bagian pintu ini terlebih dahulu. Jangan lupa juga mencuci bagian karet dari pintu mesin cuci Anda. Anda dapat menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan bagian ini setiap kali selesai mencuci.

  1. Membersihkan kabinet mesin cuci

Bagian ini bisa dibilang bagian utama dalam mesin cuci, karena itu sangatlah penting untuk membersihkan bagian ini. Anda tentu tidak ingin bagian ini kotor dan mengakitbatkan pertumbuhan bakteri. Anda dapat menggunakan kain lembut yang telah dibasahi untuk membersihkan bagian ini dan lalu mengeringkannya dengan kain kering yang halus. Janga lupa untuk membiarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka agar sirkulasi udara berjalan lancer.

  1. Membersihkan laci deterjen

Laci deterjen juga harus Anda bersihkan secara berkala. Anda dapat mengeluarkan laci deterjen dari tempatnya dan membersihkan bagian ini dbawah keran air yang mengalir, talu lap hingga kering dengan menggunakan kain kering.

  1. Membersihkan pump filter

Untuk membersihkan bagian ini, pastikan mesin cuci sudah dalam keadaan tidak terisi apa-apa, dan pastikan juga tidak ada aliran listrik yang tersambung saat membersihkannya. Anda dapat menyediaka terlebih dahulu wadah atau kain dibawah penutup filter untuk menampung air dan kotoran sisa pembuangan. Lalu keluarkan filter dari tempatnya dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam dan lalu tarik keluar. Lalu bersihkan dibawah air yang mengalir, pastikan kotoran-kotoran yang berada di dalam bagian ini keluar semua sampai bersih, lalu pasang kembali pada tempatnya dengan memutarnya kembali searah jarum jam sampai posisi terkunci dengan sempurna.

  1. Membersihkan tempat pemasukan air

Jika Anda telah menggunakan mesin cuci Anda dalam waktu yang lama, bagian ini harus juga dibersihkan. Anda dapat menutup keran air terlebih dahulu lalu melepas selang pemasukan air dan membersihkannya. Jangan lupa juga membersihkan penyaring yang terdapat disini dengan sikat yang lembut lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih. Lalu pasang kembali selang seperti semula.

Demikian tips ini semoga bermanfaat untuk Anda.