News & Articles

18 February 2016
Melihat Festival Batik Yang Diadakan Setiap Tahun

Masyarakat Indonesia mana yang tidak mengenal batik? Batik merupakan warisan budaya nasional Indonesia yang sangat membanggakan, bahkan Indonesia pun memiliki berbagai jenis batik mulai dari Sabang sampai ke Merauke. Dan setiap daerah ini memiliki batik khasnya sendiri-sendiri. Tidak hanya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan batik sudah sangat dikenal didunia internasional. Jika ada orang yang mendengar kata batik, maka negara Indonesia lah yang akan mereka pikirkan. Dan kita sebagai warna Indonesia sudah sepatutnya untuk selalu menjaga kekayaan nasional kita ini. Berbagai carapun dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menjaga kekayaan nasional ini, salah satunya adalah mengadakan festival batik yang diadakan bahkan setiap tahunnya. Hal ini terus dilakukan agar generasi-generasi muda Indonesia tetap dapat mengenal batik dan terus mengagumi keindahan dari batik tersebut, sehingga warisan budaya ini tetap dapat diturunkan kepada generasi-generasi muda tersebut sampai kapanpun.

Dan pada artikel ini kami akan mengulas beberapa festival batik yang sangat terkenal dan selalu diadakan setiap tahunnya. Setiap kali festival ini diadakan, animo masyarakat sangatlah tinggi, terbukti dari banyaknya masyarakat yang selalu datang menghadiri festival-festival batik nasional tersebut.

Apa saja festival-festival nasional tersebut?

Solo Batik Fashion

Festival ini secara rutin diadakan di kota Solo, dan menariknya festival ini diadakan secara terbuka dengan menampilkan peragaan busana-busana yang terbuat dari bahan batik oleh perancang-perancang busana yang terkemuka. Festival batik ini diadakan pertama kali pada tahun 2009 di Pasar Ngarsopuro dan tetap diadakan sampai tahun-tahun berikutnya. Dan Anda tidak perlu khawatir jika berpikir harus membayar mahal untuk menghadiri festival batik ini, karena semua orang dapat menonton festival ini tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selalu cari informasi awal tentang lokasi diadakannya festival ini setiap tahunnya, karena lokasi festival ini selalu berbeda-beda setiap tahunnya.

Karnaval Batik Solo

Karnaval batik ini juga diadakan di kota Solo. Diadakan pertama kali pada tahun 2008, karnaval ini juga diadakan setiap tahun dan dikuti oleh banyak sekali peserta yang memeriahkan karnaval ini. Yang menarik dari festival ini adalah digunakannya kostum-kostum yang beraneka ragam bentuknya namun tetap mengenakan unsur batik dalam kostum tersebut, dan tema kostumnya pun juga berbeda-beda setiap tahunnya, sehingga para pengunjung pasti tidak akan sabar untuk menunggu tema kostum apa yang akan diusung untuk karnaval-karnaval berikutnya. Dan jika Anda berkesempatan menonton karnaval ini, Anda akan melihat para peserta karnaval tersebut berjalan pada catwalk yang sangat khusus, yaitu jalan raya Slamet Riyadi. Unik dan seru sekali bukan? Dan kita juga patut berbangga sekali karena festival ini pun pernah ditampilkan pada festival-festival yang juga terkenal di luar negri, seperti festival  Chingay di Singapura dan festival budaya Tong-Tong di Belanda.

Putra Putri Batik Nusantara

Konsep yang dipakai untuk festival ini sedikit berbeda dengan 2 festival sebelumnya, namun masih tetap bertemakan batik. Konsep festival ini menggunakan ajang pemilihan putra putri batik nusantara. Dan dapat dikuti oleh seluruh anak muda dari seluruh bumi Indonesia pula. Ajang pemilihan ini pertama kali diadakan pada tahun 2011 dan terus diadakan sampai sekarang setiap tahunnya. Diharapkan dengan diadakannya ajang ini, maka kecintaan anak-anak muda terhadap batik semakin terjaga dan bahkan semakin bertambah. Anda bisa ikut menonton ajang ini atau juga mungkin Anda juga dapat mengikuti ajang ini sebagai perserta.

Demikian artikel kami tentang festival batik yang diadakan setiap tahun di Indonesia, mudah-mudahan dapat menambah wawasan Anda serta semakin menumbuhkan kecintaan Anda pada batik Indonesia.