News & Articles

9 November 2015
6 Tips Menyetrika Dengan Benar

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan menyetrika pakaian merupakan pekerjaan sehari-hari dari banyak orang khususnya ibu-ibu rumah tangga. Tidak mungkin kita hanya mencuci pakaian lalu langsung memakai pakaian tersebut tanpa disetrika terlebih dahulu. Menyetrika pakaian sangatlah penting, karena tidak hanya membuat pakaian menjadi lebih rapi dan nyaman ketika dipakai, tetapi ternyata menyetrika pakaian juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada pada pakaian tersebut.

Dan bagi sebagian orang, menyetrika pakaian dirasa lebih sulit dan memakan waktu dibandingkan dengan mencuci pakaian, karena seperti yang kita tahu, sekarang ini sudah banyak mesin cuci yang dapat bekerja secara otomatis mencuci pakaian kita. Sedangkan belum ada mesin yang dapat menyetrika secara otomatis dengan hasil yang sama seperti manusia, meskipun ada, alat tersebut mungkin tidak disediakan khusus untuk rumah tangga, tetapi terbatas untuk usaha laundry saja.

Kegiatan menyetrika pakaian yang membutuhkan kesabaran ekstra untuk menghasilkan hasil setrikan yang maksimal, belum lagi keringat yang dihasilkan karena suasana panas yang dihasilkan. Karenanya Anda membutuhkan tips-tips untuk dapat menyetrika dengan cepat dan rapi, tetapi tentu saja dengan cara yang benar.

Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa Anda pakain untuk menyetrika dengan cepat dan benar serta mendapatkan hasil setrikaan yang baik:

  1. Melihat label perawatan pada pakaian

Sebelum Anda mulai menyetrika pakaian, pastikan Anda melihat terlebih dahulu label perawatan yang ada pada pakaian tersebut. Hal ini diperlukan agar Anda tidak salah memperlakukan pakaian Anda tersebut. Biasanya label perawatan ini terdapa pada bagian kerah baju ataupun pada bagian pinggang pada celana. Pastikan suhu yang digunakan untuk menyetrika pakaian tersebut sesuai. Khususnya pada pakaian-pakaian dengan bahan yang khusus.

  1. Kelompokkan pakaian Anda terlebih dahulu

Agar waktu menyetrika yang lebih efisien, Anda sebaiknya mengumpulkan pakaian-pakaian yang membutuhkan panas yang stabil terlebih dahulu seperti kaos, daster, celana jeans dan lalu menyetrika pakaian-pakaian tersebut terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda menyetrika pakaian-pakaian yang memerlukan perlakuan khusus.

  1. Gunakan setrika uap

Sebagian besar masyarakat masih tetap memilih setrika listrik dalam kegiatan menyetrika karena dirasa lebih praktis cara penggunaannya daripada menggunaan setrika uap. Tetapi jika Anda dapat menggunakan setrika uap, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selain lebih cepat dan lebih licin dari pada setrika listrik, menyetrika dengan setrika uap relatif lebih aman untuk pakaian Anda. Resiko kerusakan pada pakaian akibat setrika memang lebih rendah jika dibandingkan dengan setrika listrik.

  1. Gunakan pelicin dan pewangi pakaian

Anda dapat menggunakan pelicin dan pewangi pakaian untuk hasil setrikaan yang lebih bagus, tidak kusut, dan harum. Gunakan pelicin pada saat menyetrika dan gunakan pewangi pada tahap akhir sebelum pakaian dilipat.

  1. Perlakuan khusus pada pakaian yang bersablon

Untuk jenis-jenis pakaian seperti ini, sebaiknya bagian yang disetrika adalah bagian dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada sablon yang bisa disebabkan oleh suhu yang panas dari setrika.

  1. Setrika pakaian pada saat kondisi pakaian kering sempurna

Anda sebaiknya tidak menyetrika pakaian jika masih dalam kondisi pakaian lembab. Selain itu juga penggunaan pelicin harus diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak hingga membuat pakaian menjadi lembab. Hal ini bertujuan untuk menghindari bau apek pada pakaian tersebut.

Demikian tips-tips yang dapat kami bagikan tentang cara menyetrika yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.