News & Articles

10 November 2015
5 Tips Mencerahkan Pakaian Yang Menguning

Pada artikel kami yang lain, kami pernah membahas tentang pakaian yang berjamur dan menyebabkan noda atau bercak berwarna hitam atau putih yang dikarenakan terlalu lama menyimpan pakaian di dalam lemari pakaian. Dan ternyata ada masalah lain pula yang dapat ditimbulkan jika pakaian Anda disimpan terlalu lama di dalam lemari pakaian, yaitu menguningnya pakaian Anda. Terutama akan terlihat jelas pada pakaian-pakaian yang berwarna putih. Paling sering dapat Anda lihat pada kaos atau kemeja putih Anda. Dan tentu saja jika Anda memakai pakaian ini, penampilan Anda akan terlihat lusuh dan kotor. Tetapi jika Anda masih sayang dengan pakaian tersebut, tidak mungkin Anda akan membuangnya bukan? Dan jangan khawatir kami punya beberapa tips untuk Anda agar pakaian berwarna putih Anda yang telah menguning dapat menjadi cerah kembali.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mencerahkan kembali pakaian berwarna putih yang telah menguning:

  1. Gunakan campuran pemutih dan air serta cuka

Anda dapat membuat campuran ini dengan perbandingan 1:8 ( pemutih:air ). Lalu rendam terlebih dahulu pakaian berwarna putih Anda ke dalam larutan tersebut dan biarkan selama 10 menit. Lalu peras pakaian Anda dan rendam kembali ke dalam air yang telah diberi sedikit cuka. Lalu bilas dan cuci pakaian Anda seperti biasa.

  1. Tetesan campuran pemutih dan air

Mirip seperti cara yang pertama, hanya saja dengan cara ini pakaian Anda tidak perlu direndam, tetapi Anda dapat membuat campuran pemutih dan air, tetapi dengan perbandingan yang berbeda yaitu 1:1. Lalu teteskan campuran ini ke daerah-daerah yang  menguning saja, lalu kucek sebentar dan bilas dengan air bersih. Cara ini dapat dilakukan berulang-ulang sampai noda benar-benar hilang.

  1. Gunakan asam sitrat dan air panas

Seperti pada artikel kami tentang mengatasi noda jamur, cairan air panas serta asam sitrat juga dapat mencerahkan kembali pakaian putih yang telah menguning. Masukkan pakaian tersebut ke dalam campuran ini, diamkan sekitar 10 menit, lalu kucek pakaian Anda secara lembut.

  1. Gunakan belimbing wuluh

Cara ini mungkin dirasa tidak umum, tetapi cara ini juga bisa menjadi pilihan untuk mencerahkan pakaian putih Anda. Caranya adalah dengan menggosokkan pakaian putih Anda dengan belimbing wuluh secara merata lalu diamkan semalaman. Dan Anda dapat membilasnya dengan air bersih atau cuci pakaian Anda seperti biasa pada keesokan harinya.

  1. Gunakan potongan jeruk nipis atau lemon

Berbeda seperti cara sebelumnya, Anda tidak menggosokkan pakaian Anda dengan jeruk nipis atau lemon ini. Tetapi Anda dapat menyediakan kantong kecil yang diisi beberapa potong jeruk nipis atau lemon lalu merendam kantong ini ke dalam air cucian. Dan air cucian ini dapat Anda gunakan untuk mencuci pakaian putih Anda seperti biasa namun memberikan fungsi lebih yaitu mencerahkan kembali pakaian Anda yang berwarna putih.

Sekarang Anda telah tahu berbagai macam tips yang dapat digunakan untuk mencerahkan kembali pakaian berwarna putih yang telah menguning. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah Anda. Namun beberapa orang mungkin tidak yakin dengan cara ini, Anda juga dapat menggunakan jasa laundry untuk mencerahkan pakaian putih yang telah menguning. Dan kami, WonderWash siap membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Semoga tips-tips yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membaca.