News & Articles

14 November 2015
Tips Atasi Noda Lemak Pada Pakaian Part 1

Noda lemak atau minyak seringkali muncul dalam kehidupan sehari-hari. Dan tentu saja hal ini sangat menjengkelkan jika terjadi padai kita bukan? Dan kejadian ini bisa terjadi di mana saja. Misalnya pada saat ibu-ibu memasak di rumah, seringkali secara tidak sengaja lemak atau minyak mengenai pakaian kita, entah itu dari bahan-bahan makanan yang sedang di persiapkan, ataupun saat menggoreng sesuatu dan terkena percikan cari minyak tersebut. Selain itu juga bisa terjadi di luar rumah, misalkan saat di rumah makan, sedang asyik-asyik nya makan karena sambil mengobrol dengan kerabat-kerabat kita, secara tidak sengaja bahan makanan yang mengandung minyak tersebut mendarat pada pakaian kesayangan kita. Atau juga saat tergesa-gesa berjalan sambil mengejar kendaraan umum dan sedang memegang makanan cepat saji. Kejadian ini sangat sering terjadi di kehidupan kita.

Noda yang dikarenakan oleh lemak ataupun minyak ini juga tergolong noda yang lumayan sulit untuk dihilangkan, hal ini dikarenakan noda ini biasanya cepat meresap ke dalam serat kain pada pakaian kita dan sifatnya sangatlah lengket. Dan bahkan pada beberapa kejadian, noda ini dapat tinggal permanen pada pakaian kesayangan kita. Namun jangan khawatir, karena masih ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi noda yang dikarenakan oleh lemak ataupun minyak ini. Dan perlu diingat juga bahwa cara-cara yang akan kami bagikan juga tergantung pada bahan-bahan pakaian tersebut.

Berikut merupakan tips khusus atau salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi noda yang dikarenakan oleh lemak maupun minyak:

Menggunakan Bahan kimia penghilang noda yang spesifik untuk noda lemak ataupun minyak

Biasanya bahan kimia seperti ini jarang digunakan dalam kehidupan rumah tangga, dan lebih sering tersedia pada tempat-tempat laundry di sekitar Anda. Namun jika Anda tergolong orang yang sering berhubungan dengan bahan-bahan makanan yang mengandung lemak atau minyak, ada baiknya Anda mempersiapkan bahan ini di rumah Anda. Anda dapat menggunakan bahan kimia penghilang noda yang spesifik untuk noda lemak ataupun minyak. Caranya yaitu semprotkanlah penghilang noda ini pada bagian pakaian yang bernoda tersebut dalam jumlah yang cukupa banyak dan gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas yang ada di rumah Anda. Dan biarkan selama beberapa saat. Anda sebaiknya membalik terlebih dahulu pakaian Anda sehingga bagian yang Anda semprot dan sikat adalah bagian dalam dari pakaian Anda.

Lalu siapkan air panas sampai mendidih, dan siramkan air panas pada pakaian tersebut dari posisi yang lebih tinggi dari pakaian. Anda harus memposisikan terlebih dahulu pakaian tersebut pada posisi yang tetap agar tidak gampang bergerak.

Anda dapat mengulangii cara ini berkali-kali pada bagian-bagian lain yang terkena noda sampai baju Anda benar-benar bersih. Dan lalu Anda dapat cuci pakaian Anda seperti biasa dengan menggunakan deterjen. Setelah itu keringkan pakaian Anda, tetap ingat usahakan hanya mengangin-anginkan saja pakaian tersebut dan jangan menggunakan penghangat mekanik pada mesin cuci Anda, karena pengering mekanik yang sangat panas dapat menyebabkan noda minyak maupun noda lemak tersebut tetap menempel pada pakaian.

Demikian tips ini yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi noda lemak ataupun minyak pada pakaian Anda, jangan lupa untuk membaca tips-tips kami lainnya, masih tentang cara mengatasi noda yang dikarenakan oleh lemak ataupun minyak. Semoga bermanfaat.