News & Articles

14 November 2015
Tips Atasi Noda Lemak Pada Pakaian Part 2

Pada artikel sebelumnya kami pernah membahas juga tips-tips yang membahas tentang cara mengatasi noda yang dikarenakan oleh lemak maupun minyak. Jika Anda belum sempat membacanya, Anda dapat melihat artikel sebelumnya.

Sebelumnya kami juga ingin mengingatkan kembali bahwa noda yang dikarenakan oleh lemak ataupun minyak ini sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk Anda yang sering berhubungan dengan bahan-bahan makanan yang mengandung lemak ataupun minyak. Misalnya jika Anda seorang koki atau ibu rumah tangga yang sering memasak setiap hari. Anda dapat menggunakan pelindung untuk mengatasi hal ini, namun terkadang memakai pelindung pun masih tidak cukup, masih ada saja noda lemak ataupun minyak yang menempel pada pakaian Anda baik tanpa disadari maupun disadari.

Untuk itu kami akan melanjutkan tips-tips apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal ini agar pakaian kesayangan Anda dapat kembali bersih dan Anda pakai seperti semula.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi noda yang disebabkan karena lemak ataupun minyak:

Menghilangkan noda lemak ataupun minyak dengan bedak bayi

Ya, Anda dapat menggunakan bedak untuk mengatasi noda yang membandel ini. Caranya yaitu keringkan dahulu noda lemak ataupun minyak ini dengan menggunakan kertas tissue yang kering, pastikan noda lemak ataupun minyak ini kering dahulu sebelum melangkah ke tahap berikutnya. Jika sudah kering, Anda dapat menaburkan bedak bayi ini pada noda lemak ataupun minyak tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak ada bedak bayi yang khusus untuk menggunakan cara ini, Anda dapat menggunakan bedak bayi apa saja yang ada di dalam rumah Anda. Setelah itu bersihkan kembali bedak bayi tersebut dari pakaian Anda dengan menggunakan tissue ataupun sendok. Usahakan agar bedak yang telah menyerap sisa-sisa noda ataupun minyak ini terpapar dengan bagian pakaian yang lain.

Setelah itu oleskan sedikit sabun pencuci piring dan air pada daerah bernoda tersebut. Lalu gosok daerah tersebut secara memutar hingga berbusa dengan menggunakan sikat gigi bekas yang ada di rumah Anda.  Pastikan untuk membersihkan noda tersebut dari bagian luar dan dalam pakaian.

Setelah selesai tahap ini, Anda dapat mencuci pakaian tersebut seperti biasa menggunakan deterjen. Sebaiknya Anda memisahkan pakaian tersebut dari pakaian-pakaian lainnya. Lalu jemur ditempat yang terbuka, ingat hindari pengering pakaian mekanik yang sangat panas karena akan menyebabkan noda lemak ataupun minyak yang tersisa tetap menempel pada pakaian.

Menghilangkan noda lemak ataupun minyak dengan sabun pencuci piring

Anda juga dapat menggunakan sabun pencuci piring saja untuk mengatasi noda ini. Sabun pencuci piring memiliki kandngan yang dapat menyerap lemak dan Anda dapat menggunakan merek apa saja.  Caranya yaitu dengan mengoleskan bagian yang bernoda tersebut dengan sabun pencuci piring. Pastikan untuk menggunakan sabun pencuci piring yang cair, dan jika sabun tersebut juga mempunyai warna, jangan lupa untuk mencairkannya terlebih dahulu. Jika tidak, sabun tersebut justru akan membuat noda baru pada pakaian Anda.

Setelah itu, bilas pakaian Anda tersebut dengan menggunakan air ataupun cuka, atau juga campuran air dan cuka yang memang lebih efektif. Selain membilas Anda juga dapat merendam pakaian tersebut dengan larutan air dan cuka tersebut.

Setelah itu Anda dapat melanjutkan dengan mencuci pakaian tersebut seperti biasa menggunakan deterjen dan pisahkan dengan pakaian lainnya. Pastikan membaca dahulu label perawatan pada pakaian Anda tersebut untuk menghindari kesalahan.

Dan sama seperti cara-cara sebelumnya, keringkan pada tempat yang terbuka dengan cara diangin-anginkan, jangan menggunakan pengering mekanik yang sangat panas karena akan menyebabkan noda lemak dan minyak tetap menempel pada pakaian.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk Anda.