News & Articles

17 November 2015
Bagaimana Peran Deterjen Dalam Mencuci Pakaian?

Jika kita melihat jauh sebelum deterjen ditemukan, mungkin masyarakat pada jaman itu tetap melakukan kegiatan mencuci pakaian seperti yang kita lakukan pada masa sekarang ini, tetapi mungkin mereka belum menggunakan bahan yang kita kenal sebagai deterjen, dan apakah hasil cucian mereka pada masa itu lebih bersih daripada masa sekarang ini? Tentu saja jawabannya adalah lebih bersih hasil cucian yang dicuci menggunakan deterjen seperti pada masa sekarang. Tetapi mungkin di daerah – daerah yang terpencil dan jarang terjangkau oleh masyarakat modern, masih ada pula masyarakat yang mencuci pakaiannya tanpa menggunakan deterjen. Dan pertanyaan yang mungkin muncul sekarang ini adalah bagaimana sebenarnya deterjen bekerja membersihkan pakaian yang kita cuci dan sangat pentingkah deterjen tersebut dalam proses mencuci?

Jawabannya tentu deterjen sangat berperan dalam membantu mengangkat kotoran dari pakaian yang kita cuci sehari-hari, dan pada masa sekarang ini deterjen sudah menjadi hal yang umum digunakan dalam proses mencuci. Namun apakah dengan menggunakan air saja pakaian kita tidak akan bersih? Hal itu yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Kita akan sedikit belajar tentang fisika seperti pada waktu sekolah dulu, tetapi jangan khawatir karena tidak ada pengetahuan yang sia-sia untuk kita pelajari.

Pakaian yang kita cuci biasanya telah terpapar dengan banyak sekali kotoran-kotoran, seperti debu, keringat, bahkan lumpur. Dan pakaian tentu saja terdiri dari serat-serat kain, dan pastinya ruangan yang berada di antara serat-serat kain tersebut sangatlah kecil, dan merupakan tempat menempelnya kotoran-kotoran yang ada.

Sebelumnya pernahkan Anda mendengar tentang tegangan permukaan pada air, jika Anda belum pernah mendengarnya, hal ini merupakan fenomena yang timbul karena sifat air yang dapat membuat partikel-partikelnya saling tarik-menarik. Dan hasil yang dapat dilihat dari fenomena ini adalah terbentuknya suatu lapisan yang tipis dan tegang di permukaan air. Lapisan ini menyebabkan air lebih memilih untuk tidak masuk ke dalam ruangan-ruangan sempit yang berada diantara serat-serat kain. Dan hal inilah yang menyebabkan kotoran-kotoran tersebut tidak dapat lepas dengan mudah karena tidak terbasuh dengan air, inilah mengapa jika kita hanya mencuci dengan air tanpa menggunakan deterjen, kotoran-kotoran cenderung tetap tertinggal di dalam serat kain dan membuat pakaian menjadi kurang bersih.

Dan disinilah peran deterjen diperlukan, karena deterjen mempunyai fungsi utama yaitu menurunkan tegangan permukaan air. Sehingga yang terjadi adalah air menjadi seperti lebih encer, dan kemampuan air untuk berikatan dengan sesama partikelnya menjadi berkurang. Hasil akhir yang kita harapkan pun terjadi, air dapat masuk ke dalam ruangan-ruangan di dalam serat kain dimana kotoran-kotoran yang ada menempel, sehingga kotoran dapat terbasuh dengan air dan lepas dari pakaian yang kita cuci. Dan tentunya pakaian kita akan menjadi lebih bersih karena kotoran-kotoran tersebut dapat terangkat.

Sekarang Anda telah mengerti dengan dalam bagaimana deterjen berperan dalam mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada pakaian Anda, tidak hanya tau cara menggunakannya saja. Dan Anda pasti juga lebih mengerti mengapa Anda harus memakai deterjen untuk mencuci pakaian dan tidak menggunakan air saja. Jika Anda ingin membeli deterjen yang berkualitas, Anda juga dapat membelinya pada website kami yang lain yaitu Washingfactory.com, jangan ragu untuk bertanya kepada layanan pelanggan kami yang selalu siap melayani Anda pada website tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.