News & Articles

18 November 2015
Tips Atasi Noda Darah Pada Pakaian

Kita semua pasti ingin selalu memakai pakaian yang bersih dan bebas dari noda bukan? Tetapi terkadang noda-noda yang membandel datang tanpa kita sadari dan membuat pakaian kita menjadi tidak pantas untuk dipakai kembali. Dan salah satu noda yang sering terjadi pada kita yaitu noda darah. Noda darah ini khususnya dialami oleh wanita yang dikarenakan oleh “periode bulanan”, dan situasi ini dapat menjadi lebih tidak menyenangkan ketika noda darah sampai tembus pada pakaian, dan pada saat dicuci pun, noda yang disebabkan oleh darah ini seringkali tidak dapat hilang dengan sempurna dan meninggalkan noda kekuningan setelah dicuci, terutama jika terjadi pada pakaian-pakaian yang berwarna putih ataupun yang berwarna terang. Tentu saja ini akan sangat menjengkelkan bukan?

Mengatasi noda yang dikarenakan oleh darah ini sebenarnya cukup mudah jika Anda mengetahui caranya, dan bahan-bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit untuk Anda temukan. Tetapi selain dari tips-tips yang akan kami bagikan untuk Anda ini, ingat untuk segera mencuci pakaian yang terkena noda darah tersebut, jangan dibiarkan sampai noda darah tersebut mengering, karena akan semakin susah untuk menghilangkan noda darah tersebut nantinya.

Berikut merupakan bahan-bahan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi noda pada pakaian yang disebabkan oleh darah:

Menggunakan air dingin dan air panas

Cara ini dapat anda gunakan untuk mengatasi noda karena darah yang masih baru, gunakan air dingin untuk menghapus noda tersebut. Anda dapat menggosokan garam pada daerah yang bernoda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jika noda tersebut telah mengering atau telah lama menempel pada pakaian, Anda sebaiknya menggunakan air panas untuk menghilangkan noda tersebut.

Menggunakan garam

Seperti yang telah disebutkan pada tips pertama, Anda dapat menggunakan garam pada noda darah yang masih baru. Rendam pakaian tersebut pada air garam dan Anda akan melihat noda darah tersebut akan hilang dengan cepat.

Menggunakan deterjen batangan

Salah satu bahan yang mungkin mudah Anda temukan di dalam rumah Anda dan ternyata efektif dalam mengatasi noda karena darah adalah deterjen batangan. Dan jika Anda ingin merendamnya pakaian tersebut terlebih dahulu , gunakanlah air panas karena akan lebih efektif untuk melunturkan noda darah yang menempel pada pakaian. Anda juga dapat menggunakan deterjen bubuk untuk menghilangkan noda karena darah ini, tetapi deterjen bubuk tidak bekerja semaksimal deterjen batangan dalam menghilangkan noda karena darah.

Menggunakan hidrogen peroksida

Bahan pembersih hidrogen peroksida juga dapat bekerja maksimal dalam mengatasi noda pakaian yang disebabkan oleh darah. Bahkan bahan ini juga dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi noda darah pada pakaian-pakaian yang tebal seperti bahan jeans. Anda dapat merendam pakaian anda tersebut juga pada campuran air dan hidrogen peroksida ini untuk hasil yang lebih maksimal

Menggunakan baking soda atau cuka

Baking soda dan cuka juga terbukti efektif dalam mengatasi noda darah pada pakaian, bahan ini terutama digunakan untuk mengatasi noda darah yang menempel pada pakaian-pakaian dengan bahan yang lembut seperti satin. Tetapi bahan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi noda darah pada pakaian-pakaian yang berbahan lebih tebal dan keras jika memang dibutuhkan dengan segera.

Demikian tips yang dapat kami berikan pada artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.