News & Articles

22 November 2015
Noda Lem Super Mendarat Pada Pakaian? Jangan Khawatir!

Pernahkan Anda memakai lem super atau yang juga dikenal sebagai super glue? Lem ini merupakan lem yang memiliki daya rekat yang luar biasa kuat dan cepat sekali untuk mengering. Lem jenis ini sangat efektif untuk merekatkan benda-benda yang patah atau rusak di rumah kita. Tetapi selain manfaatnya yang cukup baik tersebut, len ini seringkali menempel pada kain ataupun pakaian kesayangan kita tanpa kita sadari ataupun sadari, biasanya hal ini terjadi karena kecerobohan kita saat menggunakan lem super ini. Dan jika terkena kain atau pakaian kita, tentu saja lem super ini akan menimbulkan noda yang sangat merusak penampilan kain maupun pakaian tersebut, dan noda yang disebabkan oleh lem jenis ini sangatlah sulit untuk dihilangkan. Biasanya jika kejadian ini terjadi pada kita, kita mungkin akan secara spontan menggosok-gosokan bagian bernoda tersebut secara tidak beraturan agar lem tersebut dapat lepas dari kain atau pakaian yang kita miliki. Tetapi sebenarnya tindakan ini justru akan membuat lem tersebut menyebar jika memang belum kering dengan sempurna dan dapat menyebabkan kerusakan pada kain ataupun pakaian kita. Karena itu penting untuk mengetahui cara yang benar ketika hal ini terjadi kepada Anda.

Simak langkah-langkah yang yang kami bagikan dalam artikel ini untuk menghilangkan noda lem super yang menempel pada kain atau pakaian Anda.

  1. Siapkan kain atau pakaian yang hendak dibersihkan, pastikan noda lem super tersebut telah kering secara sempurna terlebih dahulu.
  2. Siapkan aseton. Aseton merupakan bahan yang biasa digunakan untuk menghapus cat kuku.
  3. Siapan kertas tissue yang telah dibasahi oleh aseton tersebut.
  4. Pastikan terlebih dahulu bahwa aseton aman digunakan pada kain atau pakaian Anda tersebut. Anda dapat menguji nya pada bagian kecil kain atau pakaian Anda, ataupun bagian yang tidak terlihat dari pakaian Anda tersebut. Lihat apakah aseton tersebut justru merusak serat kain atau merusak warna dari pakaian Anda, jika aman, Anda bisa melanjutkan cara ini.
  5. Lalu tempelkan kertas tissue yang telah dibasahi oleh aseton tadi pada noda lem super pada pakaian Anda. Anda dapat menempel kertas ini sambil juga menekan kertas ini selama beberapa kali dan perhatikan noda tersebut, lakukan langkah ini sampai rekatam lem super pada kain atau pakaian Anda menjadi melemah.
  6. Setelah itu gunakan sikat gigi bekas yang dapat Anda temukan di dalam rumah Anda dan gosokkan pada bagian bernoda pada pakaian Anda hingga noda lem super tersebut melepas dari kain atau pakaian Anda.
  7. Periksa kembali noda lem super pada kain atau pakaian Anda tersebut, jika noda masih ada, ulangi langkah-langkah diatas beberapa kali sampai noda benar-benar hilang dengan sempurna. Dan jangan lupa untuk membersihkan noda lem super ini dari kedua sisi kain atau pakaian Anda.

Langkah diatas dapat Anda gunakan hingga noda lem benar-benar bersih dari kain atau pakaian Anda, namun jika masih belum berhasi juga, lanjutkan dengan langkah dibawah ini:

  1. Gunakan kertas amril, dan gosokkan pada noda yang masih tersisa secara lembut, ingat jangan gosok terlalu kuat karena dapat merusak kain atau pakaian Anda.
  2. Lalu tetesi noda dengan deterjen cair, dan gosok sisa noda dengan ujung jari Anda.
  3. Cuci baju tersebut seperti biasa dengan deterjen dan air.
  4. Setelah mencuci, pastikan noda sudah menghilang sempurna, jika belum jangan langsung dijemur, tetapi lanjutkan dengan menetesi noda tersebut dengan sedikit gas cair dan menggosok noda tersebut menggunakan sikat gigi bekas.
  5. Setelah itu tempelkan kembali kertas tissue basah pada noda tersebut selama beberapa menit dan gosok kembali dengan sikat gigi bekas. Lalu cuci kembali dengan deterjen dan air.

Sampai ditahap ini kemungkinan besar noda tersebut sudah tidak akan menempel pada pakaian Anda. Selamat mencoba.