News & Articles

27 November 2015
Tips Untuk Merawat Pakaian Berbahan Brokat

Apakah Anda pernah mendengar tentang pakaian yang berbahan brokat? Mungkin pakaian ini lebih dikenal dikalangan wanita-wanita, terutama wanita Indonesia. Bahan brokat merupakan salah satu jenis bahan kain yang dibuat dengan ditenun dan strukturnya cukup rentan. Bahan ini mempunyai tekstur yang indah, dan biasanya juga memilik banyak sekali motif-motif yang indah pula. Selain itu juga bahan ini dapat memberikan kesan yang elegan dan cantik, oleh karena itu bahan ini lebih sering digunakan untuk pakaian-pakaian wanita. Dan ada banyak sekali pakaian-pakaian yang terbuat dari bahan brokat ini, dan yang paling sering menggunakan bahan ini adalah pakaian kebaya, pakaian nasional negara kita Indonesia. Dan tentunya pakaian dengan bahan ini memerlukan perawatan yang khusus agar pakaian ini tetap awet dan tidak mudah rusak sehingga dapat terus dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dan bagi Anda yang memiliki banyak pakaian tersebut, Anda perlu tahu cara yang benar untuk merawatnya.

Berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk merawat pakaian dengan bahan brokat tersebut:

  1. Merawat pakaian berbahan brokat saat mencuci

Tips yang paling utama dalam mencuci pakaian dengan bahan brokat ini yaitu mengetahui dahulu dengan pasti pakaian tersebut, apakah pakaian dengan bahan brokat tersebut memiliki campuran bahan-bahan lain seperti sutra ataupun aplikasi mote/payet? Jika iya maka pilihan terbaik untuk mencucinya adalah dengan mempercayakan jasa laundry profesional agar lebih aman. Tetapi jika Anda ingin mencucinya sendiri, pastikan jangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci, tetap cucilah secara manual menggunakan tangan. Dan jangan gunakan deterjen dengan jumlah yang banyak untuk mencuci pakaian ini. Selain itu juga sebaiknya menghindari pelembut pakaian karena dapat merusak serat-serat kain dari bahan tersebut. Dan Anda juga sebaiknya tidak menyikat pakaian tersebut karena dapat menyebabkan rusaknya atau tertariknya serat kain sehingga kain tersebut menjadi berbulu.

  1. Merawat pakaian berbahan brokat saat menjemur

Yang perlu diperhatikan saat menjemur pakaian dengan bahan brokat yaitu menghindari penggunaan mesin pengering pakaian, selain itu juga jangan memeras pakaian ini dengan menggunakan tangan. Lalu bagaimana cara menjemurnya? Anda cukup menekan pakaian ini dengan handuk yang kering agar air yang tersisa pada pakaian dapat terserap pada handuk kering tersebut. Selain itu juga hindar menjemur dibawah sinar matahari langsung agar warna dari pakaian tersebut tetap awet dan tidak mudah memudar. Dan setelah dijemur pun sebaiknya tidak menyetrika pakaian ini agar seratnya tidak menjadi lemas.

  1. Merawat pakaian berbahan brokat saat menyimpan pakaian

Sebelum menyimpan pakaian dengan bahan brokat tersebut, Anda harus tahu dulu mana pakaian yang mempunyai bahan yang ringan dan mana yang mempunyai bahan yang mudah melar. Jika bahan pakaian tersebut ringan seperti sutra, Anda sebaiknya menyimpannya dengan cara menggantungnya pada gantungan pakaian, tetapi pastikan gantungan baju tersebut mempunyai bentuk yang aman agar tidak merusak pakaian. Dan jika pakaian Anda terbuat dari bahan yang mudah memelar, maka sebaiknya tidak menggantung pakaian tersebut pada gantungan baju, Anda cukup melipat pakaian tersebut dan letakkan pada tempat yang bersih dan kering. Selain itu Anda juga sebaiknya menyimpan pakaian ini di tempat yang tersendiri agar tidak mudah bersentuhan dengan pakaian-pakaian lain ataupun benda-benda lain yang tajam dan dapat merusak pakaian berbahan brokat ini. Dan tips yang terakhir adalah menhindari penggunaan kapur barus saat menyimpan pakaian ini karena dapat membuat warna pada pakaian ini berubah. Sebagai gantinya gunakan silica gel.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.