News & Articles

29 November 2015
Tips Untuk Mencuci Karpet

JIka Anda mempunyai karpet di rumah Anda, Anda pasti menyadari bahwa perlengkapan rumah tangga ini memang mudah sekali menjadi kotor. Tentu saja karena setiap hari karpet indah Anda selalu diinjak-injak oleh anggota keluarga ataupun tamu yang datang. Dan biasanya pun sangat jarang sekali untuk dicuci. Tentu saja lama-kelamaan karpet tersebut dapat membuat pemandangan interior rumah Anda yang seharusnya indah malah menjadi kotor, dan belum lagi bisa menjadi sarang penyakit dan kutu-kutu yang mungkin menempel pada karpet kotor tersebut. Mungkin Anda hanya rutin membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu, tetapi hal tersebut tidaklah cukup, Anda tetap harus mencucinya dengan menggunakan air agar kotoran-kotoran yang menempel tersebut dapat lepas dengan sempurna, terutama jika karpet kesayangan Anda tersebut tertumpah noda makanan atau noda lain yang tidak bisa dibersihkan dengan hanya menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner .

Sebenarnya cara mencuci karpet ini bisa dilakukan dengan 2 cara, cara pertama yaitu mencuci karpet tersebut secara manual dengan cara menyemprot dan menyikatnya, atau cara yang kedua dengan menggunakan mesin cuci. Namun jika Anda ingin menggunakan mesin cuci, tentu Anda harus menggunakan mesin cuci khusus seperti yang tersedia pada jasa laundry profesional. Dan jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa memakai jasa kami, Wonderwash untuk mencuci karpet Anda tersebut. Tetapi jika Anda ingin mencuci karpet tersebut sendiri, mungkin cara yang memungkinkan adalah cara yang pertama, yaitu menyemprot dan menyikatnya secara manual. Dan pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai cara manual tersebut.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencuci karpet kesayangan Anda di rumah:

Tahap persiapan

Sebelum mencuci karpet tersebut, Anda harus membersihkan debu-debu serta kotoran-kotoran lain dengan penyedot debu terlebih dahulu. Jika  memungkinkan, gunakan penyedot debu tipe wet and dry, agar tidak hanya debu yang dapat Anda bersihkan, tetapi juga kotoran-kotoran yang bersifat basah.

Tahap mencuci

Sebelumnya Anda harus memposisikan karpet Anda agar bisa menyemprot keseluruh permukaan karpet tersebut, bisa dengan digantung dan dibentangkan pada jemuran baju atau digelar di lantai. Lalu semprot karpet tersebut dengan menggunakan air dingin dan gunakan penyemprot air bertekanan tinggi seperti yng digunakan untuk mencuci mobil atau motor. Lalu Anda bisa menyikat karpet tersebut dengan menggunakan tangan ataupun sikat yang lembut serta gunakan juga deterjen ataupun shampoo khusus karpet. Ingat jangan menyikat terlalu kuat karena bisa merontokkan bulu-bulu karpet tersebut. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air bersih sampai kotoran dan deterjen bersih sempurna dan terlepas dari karpet tersebut. Pada saat membilas, jangan gunakan penyemprot bertekanan tinggi. Anda juga dapat memberikat pelembut pada tahap ini.

Tahap menjemur

Setelah karpet tersebut bersih, jemur karpet tersebut dengan cara diangin-anginkan ditempat yang teduh, hindari sinar matahari langsung agar tidak membuat bulu karpet menjadi kasar. Dan pastikan juga sirkulasi udara yang cukup agar karpet tidak menjadi bau.

Tahap akhir

Setelah karpet tersebut kering, Anda dapat menaburkan baking soda untuk menyerap lembap dan menghilangkan bau tak sedap yang mungkin muncul setelah dicuci. Lalu bersihkan kembali dengan cara menyedot kembali baking soda tersebut dengan penyedot debu. Dan untuk tahap akhir, bangunkan kembali bulu-bulu karpet tersebut dengan sikat yang lembut agar karpet menjadi indah kembali.

Demikian informasi kami pada artikel kali ini, semoga berguna untuk Anda.