News & Articles

26 February 2016
Batik Indonesia Di Mata Dunia Internasional

Anda semua pasti setuju bahwa Indonesia merupakan negeri yang mempunyai banyak sekali kekayaan kebudayaan nasional, dan salah satu yang sangat diakui di dunia internasional adalah warisan budaya batik. Batik memiliki ciri khas yang tak tertandingi dalam hak keanggunan dan bentuk corak nya yang sangat kaya sehingga kain ini tidak hanya membuat masyarakat Indonesia kagum namun juga masyarakat internasional. Dan batik sendiri merupakan gabungan dari 2 kata yaitu amba, yang dalam bahasa jawa artinya menulis. Dan kata titik, yang berarti titik.

Jika melihat sedikit tentang sejarah batik, batik pun telah ada sejak jaman kerajaan kuno yang berdiri di Indonesia, terutama di pulau Jawa. Dan kain ini dulunya hanya dipakai oleh anggota kerajaan pada masa itu. Dan pada perkembangannya batik telah mengalami banyak sekali inovasi sehingga motif batik yang ada menjadi semaki beragam dan mempunyai model yang beragam pula jika dibuat dalam bentuk pakaian. Dan beberapa karya batik dari desainer ternama Indonesia yaitu Iwan Tirta bahkan dipakai oleh beberapa kepala negara di dunia seperti Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II.

Dan lalu bagaimana pengakuan-pengakuan resmi batik di dunia Internasional? Mungkin beberapa dari Anda yang membaca artikel ini belum mengetahui bahwa batik telah diakui secara resmi oleh UNESCO ke dalam daftar “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” pada sidang ke-4 “Fourth Session of the Intergovernmental Comitee” yang diadakan di Abu Dhabi pada tanggal 2 Oktober 1999. Benar-benar suatu prestasi yang sangat membanggakan bukan?

Dan sejak saat itu, batik secara positif terus berkembang dan mengambil hati di mata desainer-desainer ternama, kita pasti telah mengetahui bahwa batik sangat banyak di gunakan sebagai karya dari desainer-desainer ternama yang berasal dari Indonesia, namun bagaimana dengan desainer-desainer yang berasal dari luar Indonesia? Karena bentuk coraknya yang khas serta keanggunannya, batik juga dipakai oleh desainer-desainer internasional sebagai karya mereka. Dan yang paling segar di ingatan, yaitu sebuah pakaian yang dipakai oleh salah satu pewaris dari jaringan hotel ternama di dunia, Hilton Group. Nama yang pasti sudah tidak asing lagi yaitu Paris Hilton, yang pernah memakai gaun bermotifkan batik karya dari rumah mode Gucci. Ia memakainya pada saat berjalan di suatu jalanan terkenal di New York.

Selain Paris Hilton, masih banyak juga deretan nama artis dan tokoh terkenal internasional yang sangat menggemari kain batik ini, sebut saja Bill Gates, Adele, Jesica Alba, Lenka, Bono, Nicole Richie dan masih banyak nama terkenal lainnya. Bahkan Nelson Mandela pun sangat menggemari warisan budaya nasional Indonesia ini. Melihat sederet tokoh ternama internasional yang sangat menggemari batik tersebut, sangatlah tidak bijak jika kita yang notabene masyarakat Indonesia jika sampai tidak menghargai warisan budaya nasional kita sendiri ini. Oleh karena itu teruslah melestarikan dan menghargai batik sebagai aset nasional negeri kita, Indonesia. Dan sebagai masyarakat Indonesia, sebaiknya kita tidak hanya melihat batik sebagai suatu karya dalam dunia mode, tetapi juga benar-benar mengetahui setiap filosofi yang terkandung di dalam budaya batik tersebut.

Demikian artikel ini dibuat agar kita sebagai masyarakat Indonesia menghargai batik lebih besar daripada masyarakat dari negara-negara lainnya. Dan teruslah berkarya dengan batik jika Anda memang adalah seorang desainer. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan kita bersama dan bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Sukses selalu.