News & Articles

11 February 2016
Kebiasaan Berpikir Seorang Entrepreneur Sukses

Jika Anda merupakan seorang pengusaha, maka salah satu kemampuan yang sangat penting untuk Anda kuasai yaitu kemampuan leadership, karena nyatanya masih banyak seorang “boss” yang masih menghabiskan waktu terlalu banyak dalam kegiatan sehari-hari usaha Anda. Memang pada awalnya Anda harus mengerjakan banyak pekerjaan secara sendiri, namun seiring dengan berkembangnya usaha Anda, Anda harus mulai belajar mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan kepada tim Anda. Kami menyadari bahwa memang setiap entrepreneur sangat ingin melakukan pekerjaannya sendiri, memang banyak hal yang Anda rasa penting dan susah rasanya untuk dilepaskan kepada orang lain, namun jika hal ini terus terjadi, sebenarnya malah akan membahayakan usaha Anda tersebut. Anda sudah waktunya untuk mengerjakan hal-hal yang lebih besar daripada rutinitas usaha Anda, Anda sudah harus memikirkan bagaimana tren pasar yang sedang berlangsung pada usaha Anda.

Karenanya, Anda harus menjadi seorang “leader” yang benar-benar menjadi pemipin, dan tentunya Anda harus punya kebiasaan-kebiasaan berpikir seperti entrepreneur-entrepreneur yang benar-benar sukses.

Apa saja kebiasan-kebiasaan berpikir tersebut? Simak lebih lanjut.

Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis sangatlah penting untuk menjaga kekuatan perusahaan atau usaha yang sedang Anda pimpin. Anda harus mampu untuk menyaring semua informasi yang Anda dapat dengan sangat kritis. Anda harus mempunyai pandangan yang lebih terbuka atas semua ide atau masukan yang mungkin diberikan oleh bawahan Anda, namun tetap harus menyaring hal tersebut secara kritis. Karenanya Anda harus selalu melihat permasalahan dari sudut pandang yang lebih luas agar Anda tau pokok permasalahannya. Dan selain itu kembangkan kemampuan membaca perilaku seseorang agar Anda tidak dirugikan nantinya.

Membuat keputusan penting

Selain kemampuan berpikir yang kritis, Anda juga harus selalu siap untuk membuat keputusan yang penting, terutama keputusan-keputusan yang harus segera diambil dalam waktu yang deket yang  mungkin akan mempunyai pengaruh yang besar pada perusahaan ataupun usaha Anda. Karenanya kemampuan untuk menemukan inti dari masalah yang sedang dihadapi sangatlah penting, dengan begitu Anda dapat membuat keputusan penting dengan lebih baik. Pertimbangkan untuk mempunyai beberapa penasehat agar dapat meminta saran mereka sebelum membuat keputusan yang penting untuk usaha Anda. Tetapi ingat semua keputusan-keputusan yang strategis tetaplah berada di tangan Anda. Anda tetap harus menyaring segalam macam saran yang akan diberikan oleh penasehat-penasehat Anda tersebut.

Antisipasi

Setelah Anda membuat keputusan penting, lalu apa lagi yang perlu Anda kuasai adalah memikirkan apa yang kira-kira terjadi di depan setelah Anda membuat keputusan penting bagi usaha Anda. Dengan begini Anda sudah lebih siap dengan segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di depan pada usaha Anda. Dan agar dapat memiliki kebiasaan seperti ini, Anda harus jeli untuk melihat perubahan-perubahan yang sangat cepat terjadi pada industri Anda, dan perbanyak jaringan di dalam maupun di luar industri Anda, sehinga jika ada informasi-informasi yang sangat penting yang akan terjadi pada industri Anda, Anda pun sudah mengetahuinya dan siap untuk membuat perubahan yang mungkin dilakukan nantinya sehingga perusahaan atau usaha Anda akan lebih kuat daripada pesaing-pesaing Anda.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, selain hal-hal yang disebutkan diatas, ingatlah untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan segala perkembangan yang terjadi, dengan begitu Anda akan menjadi pemipin yang kuat didalam usaha Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.