News & Articles

8 April 2016
Tips Memilih Baju Renang Muslimah

Renang adalah suatu kegiatan olahraga yang menyenangkan. Hal ini adalah pernyataan yang sering diberikan oleh banyak orang tentang olahraga tersebut. Ya, renang adalah salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan terutama untuk anak-anak. Manfaat dari renang itu sendiri sangatlah banyak. Salah satunya adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi dan melatih beberapa otot pada tubuh sehingga akan membentuk tubuh menjadi lebih atletik. Olahraga renang biasanya dilakukan dalam suatu ruangan terbuka yang dibagi dalam beberapa bagian. Ada yang khusus keluarga, umun maupun hanya orang-orang tertentu saja. Karena semakin banyaknya peminat pada olahraga ini, tak sedikit orang yang membangun kolam renang pribadi di rumahnya untuk lebih bebas dalam berolahraga tersebut.

Pakaian renang biasanya identik dengan pakaian yang terbuka seperti bikini atau celana pendek. Dengan penggunaan pakaian tersebut dinilai dapat membuat pergerakan tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga akan mempermudah gerak tubuh dalam melakukan olahraga renang dengan berbagai macam gaya. Namun dalam Islam sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian dengan model seperti itu karena akan mengumbar aurat serta tentunya akan mengundang zina mata bagi lawan jenis. Sehingga timbul beberapa kontroversi yang membuat para wanita Muslim sedikit kesulitan dalam melakukan olahraga air tersebut.

Namun sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena saat ini seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin kreatif dan modern, muncul sebuah baju renang khusus untuk para Muslimah agar tidak perlu cemas dengan pakaian terbuka seperti pakaian renang pada umumnya. Pakaian ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin tetap aman serta tetap menutup aurat saat akan melakukan olahraga air renang. Namun meskipun begitu, jangan terlalu terburu-buru untuk segera memilih baju renang Muslimah tersebut. Karena bila salah malah akan membuat Anda terlihat aneh terlebih lagi bila tidak sesuai dengan bentuk tubuh yang Anda miliki. Karena itu perlu diperhatikan beberapa hal yang akan memberi kemudahan bagi Anda dalam memilih baju renang yang akan dikenakan.

Pilihlah pakaian renang Muslimah yang menutupi aurat dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal ini adalah suatu keharusan yang membuat kulit Anda tetap terjaga kesehatannya. Selain untuk menutupi aurat, penggunaan pakaian renang tertutup ini sangatlah dianjurkan karena akan menjaga iritasi pada kulit dan pengeriputan yang diakibatkan oleh kaporit yang terdapat pada air kolam renang. Sehingga kulit akan tetap menjadi aman dan todak perlu khawatir akan menghitam karena terkena udara panas. Penggunaan pakaian renang tertutup ini sekaligus menjaga Anda dari kemungkinan adanya kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh bakteri atau penyakit dari kulit lain yang mungkin dapat tertular pada Anda.

Jangan menggunakan pakaian renang yang terlalu ketat. Pilihlah pakaian renang dengan ukuran yang agak besar namun mengecil dibagian ujung lengan serta kaki dan kepala. Hal ini akan mencegah bentuk tubuh yang akan terlihat sehingga akan membuat Anda menjadi terlihat seperti tidak menutupi aurat melainkan hanya sekedar membungkusnya saja. Pakaian renang tak selamanya akan menggunakan pakaian yang terbuka saja, melainkan juga sudah tersedia bagi wanita Muslimah untuk melakukan olahraga yang menyenangkan tersebut. Soal bahan, tentunya jangan khawatir. Karena bahan yang digunakan adalah bahan yang elastis sehingga nyaman ketika melakukan gerakan dan trik saat berenang. Pastikan Anda mengenakan pakaian renang Muslimah yang terjamin bahannya aman agar tidak lecet saat melakukan gerakan menekuk.