News & Articles

11 April 2016
7 Sentra Sepatu di Indonesia

Sepatu adalah hal yang paling utama dan merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang dalam melakukan berbagai kegiatan. Penggunaan sepatu saat ini semakin berkembang dan semakin banyak orang yang lebih gemar mengenakan sepatu daripada mengenakan sendal saat bepergian baik itu formal maupun non formal. Hal ini menjadikan sepatu semakin banyak diminati dan membuat jumlah produksinya semakin meningkat pada setiap tahunnya. Selain sebagai kebutuhan, sepatu juga dapat dijadikan sebagai gaya yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Dibandingkan seorang wanita, pria jauh lebih banyak yang meminati pemakaian sepatu. Hal ini terjadi karena pria lebih menyukai hal yang simple serta membuat penampilannya menjadi lebih menaik dan dapat menarik perhatian.

Sejak zaman dahulu penggunaan sepatu sudah banyak yang memakainya. Menggunakan sepatu dinilai lebih menghargai serta dinilai sopan dan tentunya terasa kesan formal bagi yang menggunakannya. Namun pada saat itu kebanyakan sepatu adalah pantople. Wajar bila saat itu penggunaan sepatu terbilang sopan dan formal. Hal ini dapat terlihat dari model sepatu yang kini semakin banyak ragamnya serta memiliki banyak perbedaan dibandingkan pada zaman dulu. Terlebih lagi semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berolahraga sehingga harus lebih memperhatikan penggunaan sepatu sesuai dengan jenis kebutuhannya masing-masing. Namun jangan khawatir untuk mencari dimana tempat penjualan sepatu dengan kualitas yang bagus.

 Berikut ini adalah 7 sentra sepatu di Indonesia:

  1. Ciomas, Bogor. Entah sejak kapan tempat ini menjadi sebuah sentra penjualan sepatu kecil. Di sekitar pasar penjualannya terdapat sebuah produksi sepatu rumahan yang hingga kini masih dijalankan. Sepatu yang dibuat adalah sepatu kulit serta sepatu khusus untuk berolahraga. Soal harga jangan khawatir, sepatu yang dijual ditempat ini merupakan sepatu dengan harga yang murah.
  1. Bantul, Yogyakarta. Jika ada Cibaduyut di Bandung maka ada Bantul di Yogyakarta yang juga merupakan sebuah sentra penghasil tas hingga sepatu kulit yang tidak kalah keren dengan kota lainnya. Ada banyak pengrajin tas hingga sepatu kuit disana. Nama sentra sepatu tersebut yang paling terkenal adalah Manding.
  1. Trowulan Mojokerto. Sebuah tempat pengrajin sepatu yang menghasilkan banyak sepatu setiap harinya. Kualitas pada sepatu dijamin terjaga hingga pada saat penjualan. Tempat ini dinilai sebagai salah satu sentra penjualan sepatu terbesar di Indonesia. Tempat ini tidak pernah sepi pembeli.
  1. Sukarengang, Garut, Jawa Barat. Merupakan sentra industri yang memproduksi sepatu kulit, tas kulit bahkan hingga tas kulit. Tempat ini memang sudah terkenal dengan penghasil kerajinan kulut. Atau industri kerajinan yang berbahan dasar kulit. Kualitas terjamin tahan lama tergantung pada pilihan.
  1. Sentra sepatu Cibaduyut. Tempat ini adalah salah satu tempat yang letaknya berada di kota Bandung. Bukan merupakan tempat biasa melainkan sebagai Icon dari persepatuan Indonesia. Tempat ini terkenal sebagai tempat pengrajin sepatu. Hebatnya lagi adalah, tempat ini adalah pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia.
  1. Wedoro, Jawa Timur. Merupakan sebuah sentra sepatu yang letaknya berada di desa Wedoro Jawa Timur. Selain sebagai tempat penjualan sepatu, desa ini juga merupakan desa pengrajin sepatu. Selain penjualan sepatu, disini juga terdapat kerajinan tas dan jaket kulit.
  1. Kampung sepatu, Surabaya. Sebuah tempat yang letaknya berada di Surabaya. Tepatnya di Jl. Tembak osowilngon, Surabaya. Dibuat oleh tangan-tangan terampil sejak tahun 1950-an hingga sekarang secara turun-temurun.