News & Articles

16 February 2016
Tips Mencegah Baju Berbau Apek Saat Mencuci

Memakai baju yang berbau apek tentu saja sangat menjengkelkan bila terjadi pada kita semua, apalagi pakaian itu Anda pakai saat berada di tempat pekerjaan atau tempat belajar Anda, tentunya akan sangat mengganggu konsentrasi Anda bekerja atau belajar bukan? Dan menjadi lebih parah lagi jika Anda secara tidak sengaja memakai baju yang berbau apek tersebut saat menghadiri sebuah pesta, mungkin Anda terburu-buru untuk pergi tanpa memilih dengan baik baju yang Anda pakai, hal ini bisa jadi akan membuat rasa percaya diri Anda berkurang di tempat pesta tersebut saat mengetahui bahwa baju yang Anda pakai ternyata berbau apek.

Baju yang berbau apek ini sering timbul pada saat musim hujan, dimana baju-baju menumpuk dan Anda harus mencuci secara cepat jumlah baju yang begitu banyak sehingga hasil cucian tidak dapat bersih secara maksimal. Dan juga biasanya baju-baju yang berbau apek juga dikarenakan baju yang telah selesai dicuci tidak kering dengan sempurna dan langsung dipakai kembali. Dan masih banyak penyebab-penyebab lainnya.

Dan untuk menghindari sebisa mungkin baju yang berbau apek tersebut, pada artikel ini kami mengumpulkan beberapa tips yang bisa Anda coba agar hasil cucian tidak berbau apek nantinya. Mari kita simak bersama-sama.

Tidak mencuci terlalu lama

Banyak orang lupa dan mencuci pakaian mereka dengan durasi yang lama, biasanya baju tersebut direndam hingga berjam-jam sebelum dicuci, dan hal ini dapat membuat hasil cucian nantinya berbau apek, menariknya hal ini justru biasa disebabkan oleh sabun atau deterjen, memang deterjen ataupun sabun jika tidak dipakai secara benar dapat menghasilkan cucian yang kurang baik nantinya. Selain itu juga biasakan langsung membilas dan memeras baju yang telah selesai dicuci, jangan membiarkannya terlalu lama.

Menjemur pakaian secara benar

Yang dimaksud menjemur pakaian secara benar ini ialah memberikan jarak antara pakaian satu dengan pakaian lainnya saat dijemur segera setelah proses pencucian selesai. Jangan sampai baju-baju tersebut tertumpuk-tumpuk di tempat penjemuran sehingga air yang tertinggal pada pakaian tidak dapat menguap dengan sempurna dan akhirnya menyebabkan bau apek pada pakaian tersebut.

Menggunakan pewangi pakaian

Cara ini dapat membantu pakaian yang  Anda cuci tidak berbau apek, tetapi harus diingat bahwa proses mencuci dan menjemurlah yang lebih banyak berperan untuk menghasilkan pakaian yang tidak berbau apek. Menggunakan pewangi pakaian hanyalah membantu menyempurnakan hal tersebut. Anda sebaiknya menggunakan pewangi pakaian ini dengan cara menyemprotkannya pada saat pakaian kering sekitar 75 persen. Jika Anda menggunakan pewangi saat merendam pakaian, maka akan banyak bahan pewangi tersebut yang larut dalam air, dan jika terlalu dini menyemprotkannya pada pakaian pada saat dijemur, akan banyak pula pewangi pakaian yang ikut menguap saat dijemur. Dan setelah menggunakan pewangi pakaian ini, Anda dapat melanjutkan dengan menyetrika pakaian tersebut, pada tahap ini menggunakan pelicin juga disarankan agar hasil cucian menjadi lebih maksimal

Menyimpan pakaian dengan baik

Setelah baju menjadi rapi dan telah disetrika dengan baik, langkah selanjutnya adalah proses penyimpanan yang baik pula agar pakaian dapat tetap terhindar dari bau apek. Yang terpenting, lemari pakaian haruslah dalam kondisi yang kering, tidak lembab. Anda dapat menggunakana kamper untuk mencegah bau-bau yang tidak sedap.

Demikian tips-tips yang dapat kami bagikan tentang menghindari pakaian yang berbau apek dalam artikel kali ini, semoga tips ini dapat membantu Anda dan mmberikan manfaat bagi Anda semua yang membaca.