News & Articles

1 November 2015
Tips Memilih Laundry Yang Baik

Kehidupan yang sibuk di masa sekarang ini terkadang membuat kita kekurangan waktu dalam mengatur hal-hal yang mendasar didalam kehidupan rumah tangga, tak terkecuali mencuci pakaian. Mencuci pakaian terkadang sangat menyita waktu kita semua. Keadaan ini tidak jarangmemaksa kita untuk menggunakan jasa laundry agar kita tetap memakai pakaian yang bersih dan harum sekaligus juga memiliki waktu yang banyak untuk melakukan kegiatan-kegiatan kita yang lain.

Tetapi kita jangan sembarangan memilih tempat laundry yang ada di sekitar kita. Jika kita salah memilih, alhasil baju kesayangan kita akhirnya menjadi cepat rusak. Dan kalau kita perhatikan, di sekitar perumahan-perumahan kita sudah berjamur tempat-tempat laundry yang bisa kita pilih untuk membantu menyelesaikan masalah pakaian kotor kita yang sudah menumpuk.kita tinggal menyerahkan pakaian kotor kita ke tempat laundry tersebut, menggunakan jasa mereka baik itu laundry satuan ataupun laundry kiloan, lalu pakaian kita kembali dalam keadaan bersih, harum dan rapi. Dan biasanya biayanya juga sangat murah, hanya dengan membayar sekitar Rp15.000/ 5 kg, kita sudah dapat menggunakan jasa mereka.

Sekarang bagaimanakah kita memilih tempat laundry yang baik? Simak tips-tips berikut ini:

Kebersihan tempat laundry

Jika kita mempercayakan pakaian yang kita pakai kepada jasa laundry, kebersihan adalah yang utama. Anda tentunya tidak ingin pakaian Anda dicuci oleh tempat laundry yang tidak terjamin kebersihannya. Jangan terjebak dengan harga yang murah, karena harga murah terkadang tidak mengutamakan kualitas meskipun itu tidak seutuhnya benar. Bagaimanapun kita juga dapat menemukan laundry yang murah dengan kualitas yang baik. Dan untuk masalah kebersihan, kita memang tidak dapat melihat seluruh proses pencucian di laundry tersebut, tetapi paling tidak Anda dapat melihat bagaimana kebersihan di tempat penerimaan pakaian Anda. Dari sana setidaknya kita dapat menilai bagaimana tempat laundry tersebut memelihara kebersihan di tempat usahanya.

Tempat penjemuran pakaian

Tempat penjemuran pakaian di usaha laundry tersebut dapat menjadi penilaian kita dalam memilih tempat laundry. Banyak usaha laundry yang menggunakan tempat penjemuran pakaian seadanya, contohnya di teras, halaman depan, bahkan di pagar besi tempat usaha laundry tersebut. Anda tentunya bisa membayangkan bagaimana kotornya pakaian Anda jika dijemur ditempat yang tidak bersih. Pakaian Anda akan terpapar dengan debu dan kotoran-kotoran yang lain. Selain itu perhatikan juga apakah pakaian Anda dijemur langsung di bawah sinar matahari, karena penjemuran pakaian seperti ini akan merugikan pelanggan. Penjemuran di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna pakaian Anda lebih cepat pudar.

Air yang digunakan untuk mencuci pakaian

Jika Anda mau, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu air yang digunakan untuk mencuci pakaian Anda nantinya. Karena banyak laundry rumahan yang menggunakan air sumur untuk mencuci pakaian, hal ini sangat merugikan Anda. Seperti yang kita tahu, air sumur dapat membuat pakaian anda menguning. Anda tentu tidak ingin pakaian berwarna putih kebanggaan Anda menjadi kuning ketika Anda pakai nantinya. Pastikan laundry tersebut menggunakan air PDAM yang bersih.

Jadi telitilah dalam menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian Anda. Pakaian Anda memperlihatkan karakter Anda juga dimata masyarakat, Anda tentunya ingin tampil dengan pakaian yang bersih, harum, dan rapi.  Sekali lagi jangan tertipu oleh harga yang murah tetapi tidak memberikan kualitas yang baik. Semoga tips-tips diatas dapat membantu Anda lebih jeli lagi dalam memilih tempat laundry.