News & Articles

2 November 2015
Tips Memilih Deterjen Yang Tepat

WonderWash kali ini ingin memberikan informasi kepada pembaca semua tentang tips memilih deterjen yang baik dan tepat. Untuk sebagian besar masyarakat, terutama ibu-ibu, deterjen termasuk salah satu bahan kimia yang ditemui setiap hari. Tetapi sebagian besar juga dari mereka tidak tahu bagaimana cara memilih deterjen yang baik.

Kita akan memulai dari awal, apa itu deterjen? Deterjen merupakan campuran dari berbagai macam bahan, yang digunakan untuk membersihkan bahan-bahan turunan minyak bumi yang menempel pada pakaian kita. Dan tentunya kita semua memakai deterjen untuk mencuci pakaian, kenapa tidak sabun saja? Karena dibandingkan dengan sabun, deterjen lebih memiliki keunggulan yaitu memiliki daya cuci yang lebih baik dan tidak terpengaruh oleh mineral-mineral yang terkandung di dalam air.

Dan berikut ini merupakan tips-tips yang bisa Anda pakai untuk memilih deterjen yang tepat, terutama bagi Anda yang senang mencuci pakaian secara manual tidak menggunakan mesin cuci, antara lain:

Tidak menimbulkan panas di tangan

Sebenarnya kita semua dianjurkan untuk memakai sarung tangan jika sedang mencuci tangan, tentunya dengan tujuan untuk mencegah iritasi yang disebabkan oleh kandungan-kandungan bahan kimia yang terdapat pada deterjen. Tetapi karena masih banyak sebagian besar masyarakat yang tidak menggunakan sarung tangan ketika mencuci pakaian, maka tips ini dirasa masih sangat penting untuk diperhatikan. Untuk Anda ketahui, panas di tangan oleh karena deterjen disebabkan oleh rekasi dari soda campuran dari deterjen tersebut dengan lemak di bawah lapisan kulit kita. Soda ini memiliki nama kimia Sodium Hydroxide (NaOH). Sampai sekarang deterjen-deterjen yang berada di pasaran masih menggunakan bahan kimia ini, karena harganya yang murah. Tetapi bahan ini berbahaya untuk kita, dalam dosis yang kecil bahan kimia ini bersifat korosif, dan jika kita terpapar dalam jumlah yang banyak, maka akan menyebabkan iritasi.

Mampu bekerja sendiri menghilangkan kotoran

Jika Anda sadar, banyak dari kita jika mencuci pakaian masih menyikat pakaian tersebut dengan sangat kuat sampai bersih. Padahal sebenarnya, deterjen sudah mempunyai fungsi untuk menghilangkan kotoran tanpa perlu menyikat pakaian dengan kuat. Tetapi fungsi ini berlaku untuk kotoran ringan saja, jika kotoran lebih banyak, diperlukan perendaman pakaian terlebih dahulu, tetapi jika sudah direndam dan kotoran masih belum terlepas, barulah tepat untuk menyikat pakaian dengan kuat, asalkan tidak merusak pakaian. Maka dari itu Anda perlu memilih deterjen yang mampu bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya Anda yang bekerja untuk deterjen.

Tidak memiliki banyak busa

Kebanyakan orang berasumsi bahwa semakin banyak busa maka semakin bersih pula hasil cucian mereka. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Busa yang banyak tidak berpengaruh terhadap pakaian yang Anda cuci. Dan sebaliknya busa yang banyak berpengaruh terhadap kegiatan mencuci Anda. Semakin banyak busa yang muncul biasanya Anda akan semakin bersemangat menyikat pakaian Anda. Akhirnya banyak kerugian yang ditimbulkan, antara lain pemakaian air bertambah untuk membilas, waktu lebih banyak terbuang, tenaga lebih banyak yang keluar, dan parahnya lagi pakaian Anda juga menjadi rusak.

Ramah terhadap lingkungan

Tips yang terakhir ini terdengar terlalu berlebihan dalam memilih deterjen yang tepat, tetapi hal ini sangat penting. Bagaimanapun juga kita harus tetap menjaga lingkungan di sekitar kita. Anda dapat mencoba menyiramkan deterjen tersebut ke tanaman atau tanah dan lihat apa yang terjadi. Deterjen yang baik mempunyai sifat biodegradable yaitu mudah terurai secara alamiah dan tidak menimbulkan bekas. Sekarang ini sudah banyak pilihan deterjen ramah lingkungan yang bisa Anda pakai.

Jadi mulai sekarang Anda sudah tau bagaimana memilih deterjen yang tepat untuk Anda, untuk pakaian Anda, dan untuk lingkungan Anda. Dengan memilih deterjen yang tepat, Anda akan mendapat banyak keuntungan sekaligus. Kami berharap informas ini berguna untuk Anda semua.