News & Articles

7 November 2015
Tips Merawat Pakaian Berbahan Sutra

Banyak diantara kita pasti memiliki baju atau pakaian yang berbahan sutra. Baju atau pakaian dari bahan sutra memang memiliki banyak sekali penggemar, khususnya para ibu-ibu. Tidak hanya terasa nyaman jika dipakai, baju atau pakaian yang berbahan sutra juga telihat sangat indah jika dipakai. Tetapi tentunya harganya relatif lebih mahal dari pakaian-pakaian yang berbahan lain, dan tentunya barang yang lebih mahal mempunya cara perawatan yang khusus pula. Jika Anda memiliki pakaian yang berbahan sutra, Anda harus memberikan perhatian khusus agar pakaian Anda ini lebih awet dan tetap indah jika dipakai.

Berikut tips-tips yang dapat Anda pakai untuk merawat pakaian yang berbahan sutra:

  1. Menggunakan jasa dry clean dari laundry terdekat

Jika Anda perhatikan dengan benar, Anda akan melihat instruksi perawatan “dry clean only” pada labeh perawatan pakaian tersebut. Biasanya Anda dapat menemukannya pada daerah belakang kerah pakaian tersebut jika pakaian Anda adalah baju. Dan ini merupakan tips yang paling utama, karena memang pakaian sutra sebaiknya dicuci dengan cara dry clean. Anda dapat menggunakan jasa laundry di tempat terdekat Anda, atau percayakan pakaian sutra Anda kepada kami, Wonderwash.

  1. Jika harus mencuci sendiri, jangan gunakan mesin cuci

Tips sebelumnya menyatakan bahwa tips utama untuk mencuci pakaian dari bahan sutra yaitu menggunakan jasa dry clean dari tempat laundry. Tetapi sebenarnya Anda pun dapat mencucinya sendiri dengan menggunakan air, tetapi jangan gunakan mesin cuci. Anda dapat mencuci pakaian berbahan sutra Anda secara manual dengan tangan dan pisahkan dari pakaian-pakaian Anda lainnya ketika merendam. Dan pada saat mengucek atau menggosok pakaian berbahan sutra, lakukan dengan lembut. Dan ingat, usahakan jangan ada bagian yang terlipat pada saat pakaian tersebut direndam.

  1. Menggunakan air hangat

Agar pelapis sutra kembali bersinar, pastikan Anda menggunakan air yang hangat untuk mencuci pakaian berbahan sutra ini. Temperatur yang optimal dari air tersebut adalah sekitar 30 derajat celcius.

  1. Jangan gunakan deterjen

Khusus untuk mencuci pakaian berbahan sutra, hindari penggunaan deterjen pada proses pencucian. Hal ini dikarenakan pakaian yang berbahan sutra memiliki teksur yang lebih halus dari pakaian lainnya dan lebih sensitif pula terhadap deterjen jika dibandingkan dengan pakaian berbahan lain. Alternatif yang bisa Anda pakai untuk mengganti deterjen yaitu dengan menggunakan sabun cair atau sampo.

  1. Gunakan cuka untuk menghilangkan noda

Hindari penghilang noda yang ada di pasaran untuk menghilangkan noda pada pakaian berbahan sutra. Anda dapat menggunakan cuka sebagai gantinya. Caranya yaitu dengan meneteskan cuka pada bagian pakaian yang terkena noda, lalu gosok-gosoklah bagian tersebut dengan jari seacara lembut sampai dengan kotoran yang menempel tersebut terangkat. Lalu cucilah kembali dengan menggunakan sabun cair atau sampo.

  1. Jangan memeras pakaian berbahan sutra

Karena bahan sutra memiliki tekstur yang lembut, maka serat kain dari bahan sutra ini rentan rusak jika diperas menggunakan tangan. Anda dapat menggunakan handuk kering yang digulung bersama-sama dengan pakaian berbahan sutra tersebut untuk menghilangkan air yang masih tertinggal pada pakaian tersebut. Handuk kering akan menyerap air dari pakaian tersebut.

  1. Hindari sinar matahari langsung untuk penjemuran

Seperti pakaian lainnya, penjemuran pada sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna pakaian memudar, begitu pula dengan pakaian berbahan sutra. Anda dapat menjemurnya pada tempat yang berangin, cukup gantungkan saja pakaian ini sampai mengering.

  1. Jangan gunakan suhu yang tinggi saat proses penyetrikaan

Anda harus menyetrika pakaian berbahan sutra ini dengan suhu yang rendah dan dilakukan ketika kondisi kain masih lembab.

  1. Gunakan kapur barus saat penyimpanan

Kapur barus penting digunakan untuk mengusir serangga, jamur, dan memelihara kebersihan. Dan jika memungkinkan, bungkuslah pakaian berbahan sutra dengan pembungus pakaian khusus sutra agar pakaian juga terhindar dari kondisi lembab.

Demikian tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat pakaian berbahan sutra Anda, selamat mencoba!