News & Articles

8 November 2015
Kapan Harus Menggunakan Jasa Dry Cleaning?

Anda tentu sering mendengar jasa dry cleaning bukan? Biasanya hampir semua tempat-tempat atau kios laundry di sekitar Anda pasti menyediakan jasa ini. Tetapi apakah pernah menggunakan jasa tersebut? Apakah anda tahu apa itu dry cleaning? Dan apakah Anda tahu kapankah Anda harus menggunakan jasa dry cleaning tersebut?  Simak artikel ini agar Anda benar-benar paham kapan Anda harus menggunakan jasa ini.

Dry cleaning

Sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dry cleaning. Dry cleaning merupakan jasa dari usaha laundry professional yang proses mencucinya tidak menggunakan air, tetapi tidak berarti seluruh proses pencuciannya kering. Proses pencuciannya juga menggunakan mesin cuci khusus seperti mesin cuci bukaan depan yang mungkin berada di rumah Anda, hanya saja biasanya mesin cuci ini memang khusus difungsikan untuk melakukan dry cleaning. Dan jika tidak menggunakan air, bahan apa yang digunakan untuk mencuci dengan metode dry cleaning? Jawabannya adalah dengan menggunakan cairan pelarut seperti perklorotilena yang disemprotkan ke seluruh bagian pakaian selama prses pencucian berlangsung.

Dan sebelum proses pencucian ini berlangsung, biasanya dilakukan terlebih dahulu proses penghilangan noda dengan bahan kimia spesifik untuk noda yang spesifik pula jika memang terdapat noda pada pakaian. Dan biasanya setelah proses pencucian, juga dilakukan proses ini untuk memastikan tidak ada noda-noda yang terlewat pada pakain. Setelah itu prosesnya kurang lebih sama seperti proses mencuci lainnya, yaitu dilakukan proses pengeringan, penyetrikaan, dan penyimpanan pakaian dalam wadah plastic sebelum pakaian-pakaian tersebut diberikan kembali kepada pelanggan.

Kapan harus menggunakan jasa dry cleaning?

Anda sekarang sudah tau apa itu jasa dry cleaning, sekarang Anda perlu tahu juga kapan Anda membutuhkan jasa pencucian ini. Secara prinsip, pakaian-pakaian yang harus Anda cuci dengan metode ini adalah pakaian-pakaian dengan bahan yang lembut atau pakaian-pakaian yang formal. Karena biasanya pakaian-pakaian ini memerlukan perawatan yang khusus agar tidak cepat rusak karena proses pencucian biasa. Khususnya pakaian-pakaian Anda yang relatif mahal seperti jas formal, pakaian berbahan sutra, dan lainnya.

Dan bagaimana Anda benar-benar memastikan bahwa pakaian Anda harus dicuci dengan metode dry cleaning? Anda dapat memeriksa label perawatan pakaian Anda, biasanya Anda dapat menemukannya dibelakang kerah baju kemeja Anda untuk baju atau jas. Biasanya produsen pakaian Anda akan menuliskan informasi “Dry Clean Ony” pada label perawatan tersebut. Dan jika Anda menemukan petunjuk ini pada label perawatan pakaian Anda, maka metode dry cleaning adalah metode yang paling aman untuk mencuci pakaian tersebut.

Secara umum metode dry cleaning ini bisa Anda dapatkan pada pakaian-pakaian dengan jenis jas, kebaya berpayet, pakaian – pakaian yang berbahan wol, serta pakaian-pakaian yang berbahan sutra.

Ada beberapa pertanyaan yang sering kami dapati dari pelanggan kami yaitu, apakah bisa mencuci pakaian dengan metode dry cleaning ini dirumah? Sebenarnya ada alternatif yang bisa dipakai untuk melakukan metode ini tanpa menggunaan mesin cuci khusus seperti yang ada ditempat laundry. Tetapi kami tidak menyarankannya kepada Anda, selain hasil yang belum tentu maksimal, tetapi cairan pelarut yang dipakai untuk metode ini tidak sepenuhnya aman digunakan dalam kegiatan rumah tangga.

Dah lebih aman jika Anda menyerahkan pekerjaan ini kepada jasa laundry terdekat yang lebih berpengelaman untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan. Anda juga dapat mempercayakannya kepada kami, Wonderwash. Semoga tips ini bermanfaat intuk Anda.