News & Articles

10 November 2015
Tips Hilangkan Noda Jamur Pada Pakaian

Terkadang jika kita membuka lemari pakaian kita, pasti kita dapat menemukan pakaian-pakaian yang telah lama tidak kita gunakan. Dan masalah yang sering  terjadi adalah jamur pada pakaian tersebut. Biasanya kita dapat menemukan bintik-bintik berwarna hitam ataupun berwarna putih pada pakaian tersebut. Jamur pada pakaian memang sering muncul pada pakaian yang tidak dirawat dengan baik. Tidak hanya muncul pada pakaian yang terlalu lama disimpan di dalam lemari, terutama pada lemari pakaian yang tidak dilengkapi dengan pakai barus, jamur juga dapat muncul pada pakaian-pakaian yang terkena keringat tetapi tidak langsung dicuci. Selain itu jamur juga dapat muncul pada pakaian-pakaian yang lembab dan menumpuk di keranjang pakaian yang kotor, atau pada pakaian-pakaian yang terus-terusan terkena air hujan dan tidak dikeringkan.

Biasanya pada tahap awal, jamur yang timbul hanya sedikit saja, Anda hanya akan menemukan bintik hitam atau putih yang kecil pada pakaian Anda. Namun jika tidak diatas, noda jamur ini akan tumbuh dan semakin meluas. Dan ini akan membuat pakaian Anda terlihat sangat rusak dan kotor, terutama pada baju putih yang terkena noda berwarna hitam dan baju berwarna yang terkena noda berwarna putih. Oleh karena itu Anda sebaiknya cepat mengatasi noda-noda jamur tersebut sebelum meluas.

Apakah ada bahan khusus yang dapat dipakai untuk mengatasi noda karena jamur ini? Anda dapat menggunakan bahan makanan khusus untuk mengatasi noda jamur ini, terutama yang berwarna hitam. Bahan makanan yang dimaksud adalah sitrun, yang biasa digunakan masyarakat untuk membuat rasa yang asam pada makanan. Dan bahan aktif bahan makanan ini adalah asam sitrat.

Asam sitrat memang dapat berfungsi untuk membersihkan noda-noda yang ada pada pakaian, terutama yang disebabkan oleh jamur. Selain dapat mengatasi jamur, asam sitrat juga dapat berfungsi mencerahkan pakaian.

Apakah sulit memperoleh bahan makanan ini? Sebenarnya tidak sulit, biasanya toko-toko bahan makanan di sekitar Anda pasti menyediakan bahan ini, dan harganya pun tidak mahal. Anda hanya perlu satu bungkus saja untuk membersihkan beberapa pakaian yang terkena noda jamur.

Cara Pemakaian:

  1. Sebelum memakai bahan ini, Anda perlu menyediakan air mendidih terlebih dahulu di dalam ember yang nantinya akan dipakai untuk merencam pakaian yang akan dibersihkan.
  2. Lalu masukkan asam sitrat ini ke dalam ember yang telah berisi air mendidih tersebut, takarannya ialah 2 sendok makan untuk 1 baju. Lalu aduk semuanya hingga larut.
  3. Masukkan pakaian-pakaian yang akan Anda bersihkan ke dalam larutan tersebut, lalu rendam selama kurang lebih 10 menit.
  4. Setelah itu angkat pakaian Anda, kucek secara lembut terutama pada bagian-bagian yang terkena noda jamur.
  5. Setelah noda jamur tersebut menghilang, bilas pakaian tersebut dengan air bersih selama beberapa kali dan lalu Anda dapat lanjutkan dengan mencuci biasa.
  6. Setelah dicuci, keringkan baju Anda, setrika, dan Anda dapat lihat sendiri hasilnya.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan noda jamur yang ada pada pakaian, Anda dapat mengatasinya dengan segera sekaligus membuat pakaian tersebut lebih cerah. Bahkan mungkin Anda dapat memakai kembali pakaian-pakaian Anda yang telah lama Anda miliki namun tersimpan lama di dalam lemari Anda. Dan jika Anda kurang yakin dengan cara ini, Anda dapat mempercayakan pakaian Anda kepada kami untuk dicuci. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.