News & Articles

11 November 2015
Kegunaan-Kegunaan Lain Dari Deterjen

Jika Anda mendengar kata deterjen, tentu saja yang muncul dalam pikiran Anda adalah bahan baku yang dipakai untuk mencuci. Memang benar bahwa deterjen mempunyai fungsi utama untuk mencuci pakaian baik itu deterjen cair maupun deterjen bubuk. Tetapi ternyata deterjen juga punya fungsi-fungsi lain yang berguna untuk Anda. Dan jika Anda mengalami hal-hal di dalam rumah yang sesuai dengan kegunaan-kegunaan lain ari deterjen ini, maka informasi-informasi yang akan kami berikan ini akan sangat berguna untuk Anda semua.

Mari simak informasi-infomarsi yang bisa Anda dapatkan tentang kegunaan-kegunaan lain dari deterjen selain mencuci pakaian:

  1. Sebagai pembersih serbaguna

Karena deterjen mempunyai sifat untuk mengangkat kotoran, maka sebenarnya deterjen juga bisa berfungsi sebagai pembersih serbaguna jika terpaksa dibutuhkan. Anda dapat menggunakan deterjen untuk membersihkan lantai, toilet, bak mandi, serta alat-alat dapur. Tetapi sebisa mungkin gunakan pembersih yang sesuai untuk membersihkan benda-benda yang disebutkan sebelumnya. Dan jika Anda memang terpaksa menggunakan deterjen untuk membersihkan benda-benda tersebut, Anda dapat menggunakan campuran dari 1 cangkir deterjen, setengah cangkir pemutih dan 1 liter air panas. Aduk campuran ini hingga rata, simpan di dalam botol, dan sudah dapat Anda gunakan sebagai pembersih serbaguna di rumah  Anda.

  1. Sebagai penyerap tumpahan minyak

Anda dapat menggunakan deterjen untuk menyerap tumpahan minyak yang dapat terjadi dimana saja, terutama di dapur Anda. Tetapi tumpahan minyak juga sering didapatkan pada garasi rumah Anda dan berbahaya karena dapat menyebabkan anggota keluarga Anda tergelincir. Caranya dengan menaburkan deterjen bubuk pada tumpahan minyak tersebut, lalu biarkan beberapa saat hingga butiran-butiran deterjen terlihat lembab dan atau menjadi berwarna kekuningan. Lalu sapu butiran-butiran deterjen tersebut hingga bersih.

  1. Sebagai pengharum karpet

Jika Anda mesin pembersih karpet, Anda dapat menggunakan deterjen untuk membuat karpet Anda lebih harum. Caranya yaitu dengan memasukkan deterjen baik yang berupa bubuk maupun yang berupa cairan ke dalam tabung air dari mesin pembersih karpet tersebut. Lalu gunakan mesin tersebut seperti biasa. Uap air yang tercampur dengan aroma deterjen akan membuat karpet Anda lebih segar dan lebih harum.

  1. Sebagai pembasmi jamur

Anda dapat menemukan jamur di berbagai perabot rumah tangga atau bahkan pakaian Anda. Dan ternyata deterjen juga mempunya kegunaan khusus sebagai pembasi jamur. Caranya yaitu dengan menaburkan deterjen bubuk di atas bagian benda yang berjamur tersebut lalu biarkan beberapa saat sampai warna deterjen menjadi kecoklatan. Lalu bersihkan bagian tersebut dengan lap atau sapu hingga menjadi bersih. Mudah saja bukan?

  1. Sebagai pelancar saluran air

Kejadian ini sering terjadi di dalam kehidupan rumah tangga, air dapat tersumbat di tempat-tempat tertentu di dalam rumah terutama tempat cucian piring, dan jika Anda mengetahui informasi ini, Anda dapat segera mengatasinya dengan cara yang mudah. Anda dapat mencoba cara ini yaitu dengan menuangkan seperempat cangkir deterjen yang berbentuk cairan ke dalam saluran pembuangan, lalu biarkan terlebih dahulu selama 1 menit, setelah itu segera siram air mendidih ke dalam saluran pembuangan tersebut. Cara ini biasanya berhasil karena deterjen memang dapat berfungsi untuk melarutkan lemak-lemak yang biasa menjadi penyumbat dari saluran pembuangan air tersebut.

Ternyata deterjen memang mempunyai fungsi-fungsi lain yang berguna bukan? Tentunya hal ini sangat menarik. Anda bisa melakukan cara-cara seperti yang disebutkan diatas jika memang diperlukan sewaktu-waktu.