News & Articles

12 November 2015
Tips Hilangkan Noda Kopi Dan Teh Pada Pakaian

Kopi dan teh merupakan minuman yang sehari-hari kita temui, dan banyak orang memang mempunyai kebiasaan untuk minum kopi atau teh setiap harinya. Dan tidak jarang kopi dan teh ini berakhir di pakaian Anda dan membuat noda yang tidak sedap dipandang oleh mata. Bisa karena terlau asyik bergosip ria dengan teman-teman sehingga minuman ini tertumpah ke baju Anda, saat anda tergesa-gesa melakukan sesuatu sehingga tidak sadar cairan kopi atau teh telah menempel di baju Anda, atau saat Anda membawa nampan yang berisi segelas kopi atau teh untuk teman Anda. Dan jangan khawatir, ada banyak cara yang Anda gunakan untuk mengatasi noda ini secara cepat dan efektif, sehingga Anda dapat memakai pakaian Anda kembali dengan bersih.

Tetapi sebelumnya, pastikan dahulu Anda melihat label perawatan pada pakaian Anda tersebut sebagai pedoman, atau Anda dapat menguji dahulu beberapa cara yang akan kami informasikan ini pada daerah kecil pakaian Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.                                                                           

Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda pakai untuk mengatasi noda-noda membandel yang disebabkan oleh kopi ataupun teh:

  1. Mengunakan air hangat dan deterjen cair

Cara ini merupakan cara yang paling mudah, jika cara ini sudah berhasil Anda tidak perlu lagi menggunakan cara lainnya. Anda dapat menyiapkan terlebih dahulu air yang sudah dihangatkan, tidak perlu sampai mendidih. Lalu posisikan baju Anda sehingga tetap pada satu posisi, sehingga Anda dapat menggunakan kedua tangan Anda selanjutnya, misalnya pada wastafel, gantung di kamar mandi, atau gantung di halaman rumah Anda. Lalu tuangkan air hangat yang sudah Anda siapkan sebelumnya pada pakaian tersebut hingga basah pada kedua sisinya. Tuangkan air hangat tesebut perlahan-lahan  selama 15 detik, lalu teteskan deterjen cair secukupnya pada daerah noda tersebut hingga mengenai kedua sisi pakaian. Kucek pakaian tersebut sampai berbusa dan lalu bilas dengan air bersih sampai pakaian deterjen tidak lagi menempel pada pakaian. Anda dapat melihat hasilnya kemudian.

  1. Menggunakan penghapus noda khusus untuk kopi dan teh

Jika Anda dapat menyiapakan penghilang noda yang spesifik dirumah, Anda dapat menggunakannya dengan cara merendam pakaian tersebut bersama dengan cairan penghilang noda yang spesifik terlebih dahulu, lalu cucilah pakaian Anda seperti biasa.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi noda yang disebabkan oleh minuman ini, tentu saja Anda dapat mempersiapkan baking soda terlebih dahulu. Lalu buat air hangat juga sebelumnya. Setelah semua siap, Anda dapat membasahi terlebih dahulu pakaian Anda, terutama pada bagian yang terkena noda minuman ini. Lalu setelah itu taburkan sekitar satu sendok teh bakin soda ke bagian tersebut. Lalu kucek dengan lembut, biarkan baking soda menyerap terlebih dahulu. Dan biarkan beberapa saat, setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air yang bersih atau lanjutkan mencuci seperti biasa.

  1. Menggunakan cuka

Cuka juga merupakan bahan makanan yang sering Anda temui di dapur Anda ataupun di restoran-restoran, dan cuka dapat dgunakan untuk mengatasi noda karena minuman ini jika cara lain tidak memungkinkan untuk dilakukan, terutama pada saat dimana Anda harus mengatasi noda itu dengan segera.  Anda dapat mencampurkan satu sendok teh cuka dan segelas air terlebih dahulu, lalu teteskan cairan tersebut pada bagian pakaian yang terkena noda, lalu keringkan dengan kertas atau tisu secara perlahan. Dan Anda dapat melihat sendiri hasilnya.

Demikian tips-tips untuk mengatasi noda karena kopi dan teh. Semoga bermanfaat untuk Anda.