News & Articles

12 November 2015
Tips Mencuci Pakaian Yang Terkena Noda Karat

Besi yang berkarat seringkali membuat baju kita menjadi kotor. Noda karat ini biasanya menimbulkan bercak yang berwarna merah kecoklatan dan tentu saja tidak sedap untuk dipandang. Noda ini sering kali muncul pada anak-anak ataupun orang yang dalam pekerjaannya sering mengalami kontak dengan besi-besi  tua tetapi tidak terkecuali juga pada masyarakat umum lainnya.  Noda karat sering muncul pada saat anak Anda mengendarai sepeda tua, bersandar di gerbang besi, atau duduk di tempat yang terdapat besi berkarat. Sedangkan pada orang yang lebih dewasa biasa noda ini sering muncul karena memakai peniti yang berkarat pada pakaian, ataupun terkena kawat jemuran yang sudah berkarat pada saat menjemur pakaian.Selain itu masih banyak penyebab-penyebab lain yang terkadang tidak kita sadari menyebabkan noda karat pada pakaian kita.

Noda karat juga terkenal sebagai salah satu noda yang paling sulit untuk dibersihkan. Partikel-partikel besi yang sangat kecil seringkali tidak memberikan respon terhadap perawatan noda biasa. Bahkan jika Anda salah merawatnya, pakaian Anda dapat menjadi semakin parah. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda menyimpan tips-tips dari kami agar jika noda karat menghampiri Anda, setidaknya Anda sudah siap untuk mengatasinya.

Tips yang harus Anda ketahui sebelum mencuci pakaian yang terkena noda karat:

Jangan gunakan pemutih pakaian!

Tips pertama ini merupakan tips yang paling utama dalam mengatasi noda yang disebabkan oleh karat, pemutih pakaian atau deterjen yang mengandung pemutih pakaian tidak akan menghapus noda berwarna merah kecoklatan tersebut dari pakaian Anda, justru bahan ini akan bereaksi dengan partikel besi dan mengakibatkan menguatnya warna noda tersebut dan bahkan membuat noda semakin meluas dan melebar.  Menggunakan pemutih biasanya adalah hal pertama yang dilakukan jika kita panik karena noda yang muncul pada pakaian, tetapi jika kita sudah tau informasi ini. Kita sudah tau bahwa jangan sekali-kali menggunakan pemutih pakaian untuk mengatasi noda yang disebabkan oleh karat. Jika ini terjadi, pakaian Anda justru akan menjadi rusak dan tidak bisa diselamatkan.

Saat proses mencuci dengan deterjen yang tidak pengandung pemutih

Karena Anda telah membaca tips yang pertama, Anda pasti sudah paham mengapa tidak boleh memakai deterjen yang mengandung pemutih. Tetapi deterjen yang baik masih bisa diandalkan untuk mengatasi noda tersebut. 

Bagaimana caranya? Pertama-tama siapkan dahulu kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan air agar menjadi lembab, lalu seka bagian yang terkena noda dengan lembut selama beberapa kali, ingat jangan digosok karena justru akan menyebabkan noda meluas. Lalu oleskan deterjen pada noda karat tersebut secara merata. Pastikan untuk tidak memakai deterjen yang mengandung pemutih dan diformulasikan untuk membersihkan pakaian yang sangat kotor. Lalu biarkan selama 2-5 menit agar deterjen meresap ke dalam serat-serat kain tersebut dan melepas partikel-partikel besi yang menempel. Setelah itu seka kembali dengan kain mikrofiber yang disiapkan sebelumnya.

Setelah Anda menyeka noda tersebut beberapa kali, Anda dapat mencuci pakaian tersebut dengan menggunakan air hangat atau air dingin, jangan gunakan air panas, air panas akan membuat noda karat justru semakin meresap ke dalam serat-serat kain dan mempersulit Anda. Cuci pakaian ini seperti biasa secara manual ataupun menggunakan mesin cuci. Dan jika Anda menggunakan mesin cuci, gunakan fitur air hangat.

Setelah proses mencuci selesai, pastikan noda telah hilang dan pakaian bersih sempurna. Jika noda masih terlihat, ulangi kembali cara-cara diatas hingga noda hilang dengan sempurna. Jangan langsung menjemur pakaian jika noda karat tersebut masih ada, karena noda karat yang tersisa akan mengering dan semakin sulit untuk dibersihkan. Dan jika noda telah menghilang sempurna, Anda dapat menjemur pakaian tersebut, lalu setrika, dan siap untuk digunakan kembali. Semoga bermanfaat.