News & Articles

13 November 2015
Tips Atasi Noda Luntur Pada Pakaian

Pernahkan Anda melihat pakaian kesayangan Anda tiba-tiba memiliki warna yang seharusnya tidak ada pada pakaian tersebut? Misalkan baju putih kesayangan Anda tiba-tiba mempunyai bercak berwarna biru? Tentunya hal ini akan membuat baju tersebut terlihat rusak secara penampilan. Jika kejadian ini dialami oleh pakaian Anda yang berwarna gelap, mungkin tidak akan menggangu secara berlebihan, tetapi jika kejadian ini dialami oleh pakaian yang berwarna putih atau cerah, tentunya akan sangat menjengkelkan bukan?

Dan memang menghilangkan noda luntur ini tentu saja sulit, terutama jika terjadi pada pakaian yang berwarna selain putih. Apalagi biasanya kita menyadari hal tersebut ketika proses pencucian telah selesai dilakukan dan telah mengering, maka menghilangkan noda ini akan lebih susah. Menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna putih memang lebih mudah, Anda dapat menggunakan cairan pemutih yang berada di pasaran untuk mengatasi masalah tersebut, dan cara ini dirasa masih aman untuk mengatasi masalah tersebut asalkan tidak digunakan dengan sering, karena dapat merusak serat kain pada pakaian tersebut.

Tetapi jika hal ini terjadi pada pakaian Anda yang berwarna, jangan khawatir karena masih ada cara-cara yang cukup mudah untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu langsung membuang pakaian tersebut, apalagi jika Anda masih menyukai pakaian tersebut.

Berikut merupakan tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian Anda, terutama pakaian yang berwarna selain putih:

  1. Menggunakan larutan cuka, garam, serta deterjen

Bahan-bahan ini tentu mudah Anda temui pada dapur Anda. Anda dapat mencampurkan cuka, garam, serta deterjen dengan jumlah rasio yang sama. Dan ingat gunakan air panas untuk mencampur bahan-bahan tersebut di dalam ember dengan besar yang sesuai dengan pakaian Anda agar terendam seluruhnya.

Lalu rendam pakaian Anda pada larutan ini selama 30 menit, dan setelah itu bilas dengan air bersih dan dapat dicuci jika Anda ingin. Lihat hasilnya setelah itu.

  1. Menggunakan baking soda

Cara ini dapat Anda gunakan jika noda luntur tidak terlalu besar dan hanya mengenai beberapa bagian dengan noda yang tidak mencolok.  Caranya hampir sama dengan cara mengatasi noda pada umumnya yaitu dengan mencampur baking soda, deterjen dan air panas di dalam ember. Lalu merendam pakaian tersebut selama beberapa menit dan lalu bilas sampai bersih. Cara ini dirasa lebih mudah dibandigkan dengan cara lainnya.

  1. Menggunakan vetsin

Pasti Anda tidak percaya bahwa vetsin dapat mengatasi noda luntur pada pakaian, tetapi cara ini dapat Anda gunakan juga dan vetsin cukup mudah didapatkan terutama pada dapur Anda. Campurkan vetsin dan deterjen pada air panas dengan rasion 2:3  (deterjen : vetsin), lalu rendam pakaian Anda dalam larutan ini sampai seluruh bagian pakaian terendam, lalu biarkan selama 30 menit. Lalu kucek dan cuci kembali dengan deterjen saja dan bilas sampai bersih.

  1. Menggunakan sitrun

Bahan satu ini mungkin sering Anda temui dalam artikel-artikel kami lainnya tentang tips mengatasi noda yang spesifik. Dan sitrun juga dapat digunakan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk sitrun dengan deterjen dan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga terendam seluruhnya. Lalu diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan menggunakan deterjen. Anda dapat menambahkan garam pada larutan ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.