News & Articles

20 February 2016
Langkah-Langkah Menarik Pelanggan Baru

Sebagai sebuah tim yang menjalankan sebuah bisnis, tentu saja kami menyadari bahwa pelanggan merupakan nafas dari sebuah usaha, dan selalu berusaha mendatangkan pelanggan-pelanggan yang baru juga merupakan hal yang mutlak agar usaha dapat berkembang dengan sangat pesat dan memenuhi visi dari suatu usaha ataupun perusahaan tersebut. Dan kami juga terus belajar bagaimana strategi yang baik untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan baru tersebut, khususnya di bidang laundry dan lini bisnis kami lainnya. Dan melalui artikel ini kami juga ingin berbagi dengan teman-teman pembaca blog kami bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menarik pelanggan-pelanggan baru pada usaha kami, dan Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah ini sebagai pengetahuan bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha maupun sedang menjalankan sebuah usaha, kami berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Dan seperti yang juga dilansir oleh Americanexpress.com, ada 7 langkah yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan-pelanggan baru kepada bisnis ataupun usaha Anda.

Mengidentifikasi pelanggan ideal Anda

Sebelum memulai semuanya, Anda harus mengenal dengan baik bagaimana tipe pelanggan-pelanggan yang Anda target, jika Anda sudah mengetahuinya maka akan lebih mudah untuk menarik mereka menjadi pelanggan-pelanggan baru Anda. Sebagai contoh misalnya Anda menargetkan pelanggan Anda adalah dari kalangan mahasiswa, maka strategi pemasaran Anda nantinya akan lebih membuat konten yang menarik untuk mahasiswa-mahasiswa tersebut, misalnya dengan memberikan diskon untuk mahasiswa universitas tertentu. Yang terpenting adalah mengetahui dahulu target pasar Anda sebelum Anda merencanakan strategi pengembangan produk dan pemasaran usaha Anda nantinya.

Mencari tahu dimana mayoritas pelanggan Anda berada

Hal ini juga sangat penting nanti untuk mengembangkan produk dan strategi pemasaran usaha Anda, mengetahui dimana pelanggan Anda berada bukan berarti hanya dimana tempat tinggal mayoritas mereka, namun juga mencari tahu dimana mereka beraktivitas, baik offline maupun online. Sebagai contoh, jika calon pelanggan Anda biasanya aktif pada sebuah forum online ataupun media sosial tertentu, maka usaha Anda juga harus turut hadir pada media tersebut untuk berinteraksi dengan mereka.

Mengetahui seluk beluk usaha Anda dengan baik

Anda juga harus benar-benar mengerti seluk beluk usaha Anda agar jika nantinya ada calon pelanggan yang mengunjungi usaha Anda, maka mereka akan yakin bahwa usaha yang Anda jalankan merupakan solusi yang benar-benar mereka butuhkan.

Memposisikan usaha Anda sebagai solusi permasalahan mereka

Anda harus memberikan calon pelanggan yang datang mempunyai alasan yang kuat untuk mencoba jasa ataupun produk yang Anda tawarkan kepada mereka, hal ini merupakan langkah yang paling awal untuk membuat mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Usahakan untuk membuat calon pelanggan Anda segera mengambil tindakan

Apapun strategi produk dan pemasaran Anda nantinya, usahakan agar Anda selalu membuat mereka mengambil tindakan, sekecil apapun itu. Misalnya jika Anda menemui mereka di media sosial, segera sarankan mereka mengunjungi website Anda jika usaha Anda telah memiliki sebuah website, dan pada website Anda pun, juga ada sebuah tindakan yang bisa mereka lakukan misalnya mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan diskon tertentu dari produk Anda. Hal ini penting karena Anda secara tidak langsung mengajari mereka untuk selalu berinteraksi dengan Anda sampai kepada keputusan mereka untuk menjadi pelanggan tetap Anda nantinya.

Membangun kerja sama dengan pemilik usaha lain

Dalam usaha atau bisnis apapun, networking sangatlah penting. Anda dapat membuat strategi partnership dengan mereka, seperti saling memberikan diskon kepada masing-masing pelanggan, dengan begini pelanggan partner Anda dapat menjadi pelanggan baru Anda dan begitu pula sebaliknya.

Follow up

Dengan melakukan 6 langkah diatas, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan banyak prospek yang bisa menjadi pelanggan tetap Anda, dan Anda harus terus melakukan follow up secara berkala agar mereka selalu mengingat usaha Anda dan akhirnya menjadi pelanggan tetap Anda. Follow up yang dilakukan bisa dengan mengirimkan email ataupun sms tentang diskon, program khusus, dan lain sebagainya.

Article source: americanexpress.com