News & Articles

13 February 2016
Macam-Macam Celemek

Yuk kita ngintip pakaian yang biasa kita pakai di dapur dulu, yaitu celemek.

Seperti yang kita ketahui, celemek adalah sebuah pakaian pelapis yang biasanya digunakan ketika memasak. Fungsinya adalah agar pakaian tidak terkena cipratan bumbu masakan yang sedang digunakan. Selain itu juga agar lebih aman dan mengurangi resiko terciprat minyak pada pakaian yang akan menempel serta sulit menghilangkannya. Dengan menggunakan celemek maka akan terhindar dari hal tersebut.

Celemek tidak hanya digunakan untuk memasak saja, tapi juga dipakai oleh para pekerja pabrik seperti makanan atau pabrik tekstil. Fungsinya adalah agar produk makanan tetap steril. Sedangkan pada tekstil agar zat kimia tidak terkena baju pekerja. Kebanyakan yang menggunakannya di wilayah industri atau pabrik adalah Jepang. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, model celemek sudah semakin beragam.

Berikut ini adalah macam-macam model celemek:

Celemek renda.

Model yang satu ini pasti tidak asing lagi, sesuai dengan namanya celemek ini memiliki renda di bagian sisi-sisinya. Awalnya model seperti ini dipopulerkan di Jepang. Biasanya yang menggunakannya adalah para karyawan restoran perempuan. Namun kerap kali komunitas cosplay menggunakan celemek Seperti ini dijadikan sebagai hiasan atau aksesoris untuk melengkapi kostum yang dipakai agar terlihat manis. Tak hanya pelayan restoran saja, para suster khusus rumah sakit bagian memasak juga ada beberapa yang menggunakannya sebagai celemek seragam. Biasanya berwarna polos hitam atau putih.

Celemek plastik.

Model celemek yang satu ini sama seperti celemek pada umumnya. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Alas pakaian yang satu ini terbuat dari bahan plastik tebal yang dibentuk kemudian diberi jahitan bahan kain pada pinggirnya serta diberi tali pengikat disamping kanan kirinya. Bahan yang satu ini memiliki banyak model dan corak. Keunggulan lainnya selain memiliki motif bagus, unik dan lucu, celemek yang satu ini juga mudah dibersihkan. Caranya hanya dengan menggunakan tissue basah saja. Tren ini masih jarang dilirik karena belum banyak yang mengetahui adanya model tersebut. Namun soal kualitas tentu saja celemek bahan lebih bagus daripada plastik.

Celemek panggul.

Kali ini agak berbeda pada bentuknya. Seperti namanya, celemek ini dipakai di panggul. Jika pada yang lain terdapat sebuah tali yang dapat ditingkarkan di leher, yang satu ini justru hanya diikatkan di daerah panggul. Yaitu dengan menggunakan tali disisi kanan kiri celemek dan kemudian satukan ikatan hingga melingkar panggul. Alas pakaian untuk memasak yang satu ini terlihat lebih praktis. Perlu diketahui bahwa celemek ini sering digunakan oleh pelayan restoran pria.

Celemek standar.

Celemek ini memiliki bentuk dan bahan yang merupakan awal pertama terbentuknya sebuah celemek. Terdapat kantong dibagian dada atau perutnya. Model seperti in biasa dipakai oleh chef atau koki. Biasanya terbuat dari bahan katun.

Semoga bisa menambah wawasan Anda.