News & Articles

23 November 2015
Bersihkan Noda Cat Tembok Dari Pakaian Anda!

Untuk sebagian orang mungkin cat bukan bahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi hal itu tetap tidak menutup kemungkinan untuk kita atau keluarga kita terkena noda dari cat tembok pada pakaian. Mungkin saja secara tidak sengaja Anda duduk di kursi yang terpapar dengan cat tembok yang masih basah, ataupun mungkin anak-anak anda tidak sengaja bermain cat yang tidak disimpan dengan baik di dalam rumah dan tertumpah ke pakaian mereka. Dan noda pada pakaian yang dikarenakan oleh cat tembok ini tergolong sulit untuk diatasi. Dan tentu saja cat tembok yang menempel pada pakaian akan merusak penampilan dari pakaian kesayangan kita tersebut.

Jika cat tersebut masih basah, kemungkinan untuk membersihkannya memang lebih mudah jika dibanding cat yang sudah mengering pada pakaian kita. Cara untuk mengatasinya pun lebih mudah, tetapi sebelumnya Anda harus mengenali juga bahan dasar dari cat tersebut. Jika cat tersebut berbahan dasar air, Anda dapat langsung menyemprotkan air yang deras ke bagian pakaian yang terkena noda cat tersebut selama beberapa menit lalu gosok dengan lembut menggunakan sikat sampai noda tersebut berhasil diatas dan lalu Anda dapat mencuci pakaian tersebut seperti biasa dengan menggunakan air dan deterjen. Namun jika cat tersebut berbahan dasar minyak, Anda perlu menggunakan alkohol terlebih dahulu untuk membersihkannya. Cara yang disebutkan diatas hanya berlaku pada noda cat tembok yang masih basah, jika sudah kering Anda akan memerlukan langkah-langkah tambahan untuk mengatasinya karena cat tembok tersebut sudah menyerap ke serat-serat kain sehingga tidak semudah membersihkan noda cat tembok yang masih basah.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi noda cat tembok yang telah mengering:

Mengatasi noda karena cat tembok dengan menggunakan thinner

Siapkan dua buah kain terlebih dahulu, dan salah satu kain tersebut bisa Anda basahi dahulu dengan cairan thinner. Lalu letakkan pakaian yang bernoda di tengah-tengah kedua kain tersebut dengan posisi kain yang dibasahi cairan thinner berada di atas. Setelah itu tekanlah tumpukan kain tersebut beberapa kali dan lalu rendam sebentar di dalam ember yang berisi air dingin. Periksa kembali noda tersebut, jika masih ada Anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali sampai noda benar-benar menghilang. Jangan menjemur pakaian tersebut jika noda belum benar-benar hilang.

Mengatasi noda karena cat tembok dengan menggunakan aseton atau alkohol

Aseton yang biasa digunakan untuk menghilangkan cat kuku ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi noda karena cat tembok, caranya dengan mengoleskan cairan ini pada noda cat tembok tersebut. Lalu gosok dengan kain putih yang bersih. Ulangi cara ini sampai noda cat tersebut benar-benar hilang. Selain aseton Anda juga dapat menggunakan alkohol dengan cara yang sama pula. Tetapi Anda harus berhati-hati pada saat menggosokkan kedua cairan ini pada noda, jangan sampai noda tersebut menjadi meluas karena akan lebih susah untuk dibersihkan nantinya. Cara pertama dirasa lebih aman digunakan agar resiko noda yang meluas lebih dapat dihindari.

Mengatasi noda karena cat tembok dengan menggunakan cairan stoddart

Cairan ini mungkin jarang Anda dengar, tetapi cairan ini sangat efektif untuk membantu mengatasi noda yang dikarenakan oleh cat tembok. Cairan ini merupakan bahan yang biasa digunakan oleh pelukis sebagai pelarut organik. Anda dapat meneteskan cairan ini pada bagian yang bernoda pada pakaian Anda dan menggosoknya dengan lembut hingga noda tersebut hilang.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda melalui artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.