News & Articles

22 February 2016
Tips Menghindari Kuman Saat Mencuci

Kita semua tentu saja setuju bahwa kesehatan sangatlah penting, dan tidak berlebihan rasanya jika ada ungkapan yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Dan untuk menjaga  agar Anda dan keluarga kesayangan Anda selalu dalam kondisi sehat, Anda pun harus selalu menjaga seluruh keluarga Anda dari kuman dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk melakukan hal ini banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan, tak terkecuali pada saat Anda mencuci pakaian-pakaian seluruh keluarga Anda. Mencuci pakaian tidak hanya sekedar mencuci pakaian tetapi Anda juga harus memperhatikan cara mencuci Anda sehingga pakaian-pakaian tersebut bisa bersih sempurna dan yang terpenting terbebas dari segala macam kuman yang dapat merugikan kesehatan Anda dan seluruh keluarga Anda.

Informasi pada artikel ini kami rasa penting untuk kami bagikan kepada Anda semua, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang secara rutin mencuci pakaian keluarga di rumah. Karena mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara jelas bagaimana mencuci pakaian hingga bersih namun juga memperhatikan aspek kesehatan agar pakaian tersebut menjadi bersih dan sehat untuk dipakai seluruh anggota keluarga di rumah.

Kita tentu mengetahui bahwa fungsi utama pakaian salah satunya adalah melindungi tubuh dari berbagai macam kotoran dan kuman saat kita beraktivitas di dalam maupun di luar rumah, dan karena fungsi ini, maka pakaian yang telah dipakai selama seharian penuh akan rentan tertempel dengan berbagai macam jenis kuman yang dapat merugikan kesehatan. Dan sudah pasti pakaian yang telah terpapar berbagai macam kuman ini berpotensi untuk menimbulan berbagai macam penyakit, khususnya penyaki-penyakit kulit. Dan tidak hanya pakaian, berbagai perabotan rumah tangga seperti gorde,sprei, lap, alat-alat olahraga, dan berbagai macam perabotan rumah tangga lainnya juga harus diperhatikan dengan benar saat dicuci agar barang-barang tersebut bisa bersih dan terhindar dari berbagai macam kuman penyakit.

Dan berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar pakaian-pakaian ataupun perabotan rumah tangga yang Anda cuci bisa bersih dan bebas dari kuman.

Memisahkan pakaian dengan alat-alat rumah tangga

Pada saat Anda mencuci, biasakan untuk memisahkan pakaian-pakaian pribadi yang akan dicuci dengan alat-alat rumah tangga yang akan dicuci seperti kain lap, sarung sofa, dan lain sebagainya terutama kain-kain yang biasa dipakai untuk membersihkan rumah, karena tentu saja alat-alat seperti lebih rentan terpapar kotoran dan kuman-kuman penyakit.

Menggunakan suhu yang optimal saat mencuci

Pada saat mencuci, Anda harus memperhatikan pakaian-pakaian yang sangat kotor, usahakan untuk memisahkan pakaian yang sangat kotor dan mencucinya dengan suhu diatas 60 derajat Celcius, namun tetap perhatikan label perawatan pakaian tersebut apakah memungkinkan untuk dicuci dengan suhu tersebut. Dan jika tidak bisa, Anda dapat merendam pakaian tersebut terlebih dahulu dan menambahkan antiseptik cair yang bisa di beli dengan mudah untuk membunuh kuman-kuman penyebab penyakit tersebut.

Memisahkan pakaian anggota keluarga yang sedang sakit

Biasakan untuk memisahkan pakaian-pakaian dari anggota keluarga yang sedang sakit dengan pakaian-pakaian anggota keluarga yang sehat untuk menghindari resiko menularnya penyakit kepada kanggota keluarga yang sehat, dan jangan lupa tambahkan antiseptic cair pada pakaian-pakaian anggota keluarga yang sedang sakit tersebut.

Segera mengeringkan pakaian setelah dicuci

Pakaian yang menumpuk dan dalam kondisi yang lembab merupakan tempat yang baik untuk menjadi sarang bakteri, oleh sebab itu biasakan untuk segera mengeringkan pakaian yang telah selesai dicuci.

Mencuci tangan setelah mencuci

Khusus untuk Anda yang mencuci pakaian tersebut, ingat selalu mencuci tangan setelah selesai mencuci.

Demikian tips-tips yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga bemanfaat untuk Anda semua.