News & Articles

23 February 2016
Tips Bersaing Dengan Kompetitor Yang Lebih Besar

JIka kita melihat beberapa pengusaha yang sangat sukses, banyak dari mereka yang benar-benar memulai usaha mereka dari nol dan tentunya tidak ada usaha yang langsung menjadi besar jika Kita memulai usaha tersebut benar-benar dari awal, dan kalaupun Ada, mungkin tidak banyak. Sebagian mereka benar-benar berjuang tanpa patah semangat untuk membangun bisnis yang mereka mulai tersebut dari kecil. Dan tentunya tidak semua pengusaha yang memulai usahanya dari awal selalu sukses, tetapi ada kemiripan jika kita membaca kisah-kisah pengusaha yang memulai usahanya dari nol. Selain tidak pernah menyerah, ternyata mereka tidak memiliki sifat dari kebanyakan pengusaha yang tidak berhasil, yaitu tidak yakin bahwa bisnis yang mereka mulai tersebut tidak mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang sudah besar sebelumnya. Dan inilah mungkin yang membedakan antara entrepreneur sejati dan tidak. Entrepreneur yang sejati tidak melihat hal tersebut sebagai halangan bagi mereka untuk sukses, justru hal tersebut merupakan tantangan yang ingin mereka taklukan agar usaha yang mereka mulai sejak nol tersebut mampu bersaing dan bahkan lebih baik daripada kompetitor-kompetitor mereka yang sudah lebih berpengalaman. Dan berangkat dari pola pikir seperti itulah muncul banyak pengusaha yang sangat sukses.

Dan sebagai sebuah usaha yang sedang berjuang untuk terus maju, kami, Wonderwash juga terus belajar untuk lebih baik, dan pada artikel ini kami ingin berbagi tentang tips-tips bagaimana kami yang juga memulai usaha kami sejak nol belajar bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang sudah berpengalaman, dan kami terus belajar untuk hal tersebut, kami yakin kami dan Anda juga dapat belajar dari tips-tips berikut ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Berikut merupakan beberapa hal penting yang harus kita pelajari bersama-sama untuk terus maju dan dapat bersaing dalam bidang bisnis masing-masing.

Mengerti seluk beluk bisnis yang sedang dijalani

Memang yang terpenting dalam memulai sebuah usaha adalah langsung mengambil tindakan, dan sebenarnya sebelum kita memulai sebuah usaha, ada baiknya kita terlebih dahulu mempelajari semua hal penting tentang bisnis, baik secara umum dan khususnya pada bidang yang akan kita jalankan. Dan pada zaman sekarang, informasi tentang ilmu bisnis sangat mudah didapatkan baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda bisa mencarinya pada forum-forum bisnis secara online atau datang ke workshop yang sesuai dengan bidang usaha Anda. Dengan bekal ini, Anda akan dapat melihat bisnis Anda secara luas dan akan mampu bersaing nantinya. Jangan takut untuk investasikan uang dan waktu Anda untuk belajar, tetapi yang terpenting setelah Anda mempelajarinya, ingat untuk selalu mengambil tindakan, sekecil apapun itu.

Menggunakan manfaat internet

Perbedaan yang mencolok antara usaha yang masih baru dan sudah lama adalah jumlah orang yang mengetahui tentang usaha tersebut. Dan kabar baiknya, pada zaman ini hal tersebut dapat diseimbangkan dengan melakukan pemasaran secara online, walaupun usaha Anda bukanlah usaha online. Karena Anda tentu tau, dengan pemasaran online, Anda dapat menjangkau orang yang akan tertarik dengan usaha Anda secara cepat dan masal. Dengan melakukan hal ini, konsep usaha Anda yang baru dan unik akan cepat dikenal. Tentunya Anda juga harus tau bagaimana melakukan pemasaran online yang baik.

Manajemen keuangan yang baik

Anda akan membutuhkan waktu untuk dapat bersaing dengan kompetitor yang lebih besar, karenanya bisnis Anda harus bertahan hingga dikenal oleh orang banyak, dan hal yang penting untuk mencapai hal tersebut adalah benar-benar menjaga cashflow dengan baik, dan fokuskan sebagian besar keuntungan untuk terus membangun bisnis Anda.

Selalu memperluas jaringan

Jika Anda melihat seorang pengusaha yang besar, dapat dipastikan mereka mempunyai jaringan yang luas dari bisnis mereka. Dan jika Anda baru memulai, maka jangan lupa untuk terus membangun jaringan bisnis Anda. Karena sedikit banyak mereka dapat menolong Anda untuk maju lebih cepat dan akhirnya dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda yang lebih berpengalaman.

Demikian beberapa hal yang dapat kami bagikan dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda.