News & Articles

26 November 2015
Tips Untuk Merawat Pakaian Berbahan Katun

Bahan katun merupakan bahan yang umum sekali untuk dibuat menjadi pakaian-pakaian yang Anda pakai setiap hari. Kain katun memang terbukti nyaman untuk dipakai sebagai pakaian karena bahannya yang memiliki berbagai banyak kelebihan. Pakaian dengan bahan katun sangat cocok digunakan di negara tercinta kita yaitu Indonesia, karena bahannya yang mudah menyerap keringat, terasa lebih dingin dan nyaman pada saat dipakai. Selain itu harga dari pakaian berbahan katun ini juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan pakaian-pakaian berbahan lainnya.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut tentang cara merawat kain ataupun pakaian yang berbahan katun, ternyata kain katun ini memiliki banyak sekali jenisnya, dan mungkin pengetahuan ini menjadi menarik untuk kita ketahui bersama. Mari kita simak terlebih dahulu ada berapa jenis kain katun yang sering kita jumpai di negara kita.

Kain katun biasa

Kain katun ini memiliki tekstur yang sedikit kaku, lebih tipis dan tidak mudah untuk diregangkan. Tetapi tetap saja kain katun ini memiliki daya serap yang lumayan. Dan jika dilihat dari harganya, kain katun jenis ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan kain katun lainnya. Bahan ini sering digunakan untuk bahan kaos.

Kain katun Paris

Kain katun jenis ini biasanya terbuat dari bahan combed 100% full cotton, dan memiliki tekstur yang lebih halus jika dibandingkan dengan katun biasa dan juga memiliki daya serap yang sangat baik pula. Harganya juga relatif lebih mahal. Katun jenis ini biasa digunakan pada blouse wanita ataupun kerudung.

Kain katun Jepang

Kain katun jenis ini mempunyai kualitas yang hampir sama dengan kain katun paris, namun biasanya kain katun jenis ini lebih tebal. Daya serapnya pun sangat bagus pula. Biasa digunakan untuk bahan sprei.

Kain katun silk

Dinamakan seperti itu karena memang kain katun jenis ini mempunyai permukaan yang mengkilat. Tetapi jika dibandingkan katun jenis lainnya, katun jenis ini memiliki daya serap yang rendah. Harganya juga termasuk jenis katun yang menengah, biasanya lebih mahal dari katun biasa namun tidak semahal katun paris atau katun jepang. Sering digunakan sebagai bahan untuk membuat dress dan rok wanita.

Sekarang bagaimana cara-cara yang benar untuk merawat pakaian-pakaian atau kain-kain yang berbahan katun tersebut agar menjadi lebih awet dan taham lama?

Gunakan air dingin untuk mencuci

Anda sebaiknya menggunakan air dingin untuk mencuci pakain dengan bahan katun, terutama pada pakaian katun yang berwarna. Karena air yang panas atau hangat dapat membuat pakaian katun yang berwarna ini menjadi luntur dan mencemari pakaian-pakaian lainnya. Tetapi jika pakaian katun Anda berwarna putih, menggunakan air hangat masih aman untuk digunakan.

Jangan merendam terlalu lama

Untuk pakaian dengan bahan katun, usahakan jangan merendam lebiih dari dua jam, karena serat katun tersebut yang terbuat dari bahan alami, sehingga rentan untuk rusak jika direndam terlalu lama. Tetapi Anda tetap dapat menggunakan pelembut pakaian untuk merendam pakaian berbahan katun ini.

Jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung

Terutama untuk pakaian katun yang berwarna, cukup mengangin-anginkan saja pakaian berbahan katun ini pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, hal ini dilakukan untuk menjaga warna dari pakaian katun tersebut.

Gunakan gantungan baju saat menyimpan

Jika Anda ingin pakaian dari bahan katun Anda selalu rapi, memang usahakan untuk digantungkan pada lemari baju Anda, karena sifat dari pakaian berbahan katun ini mudah kusut jika dilipat.

Demikian tips-tips singkat untuk merawat pakaian berbahan katun dari kami.