News & Articles

28 November 2015
Tips Untuk Merawat Pakaian Berbahan Chiffon

Pakaian dengan bahan chiffon termasuk salah satu pakaian yang banyak diminati diseluruh dunia. Hal ini dikarenakan karakteristik bahan tersebut yang tipis dan ringan namun lembut jika dipakai oleh orang yang memakainya. Selain itu pakaian dengan bahan ini juga dapat memberikan kesan feminim dan manis bagi orang yang memakainya. Pakaian dengan bahan chiffon ini juga dapat memberikan rasa dingin meskipun dipakai pada saat siang hari dengan kondisi matahari yang sangat terik. Dan bahan ini juga relatif mudah diolah menjadi berbagai jenis pakaian. Oleh karena itu pakain dengan bahan ini sebagian besar merupakan pakaian-pakaian yang dipakai oleh kaun wanita.

Ada banyak sekali pakaian-pakaian yang biasa dibuat dengan bahan chiffon ini, diantaranya rok, dress, blouse, sebagian besar busana muslim dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya. Dan agar pakaian dengan bahan chiffon ini dapat awet dan bertahan lebih lama, memang perlu perawatan yang khusus untuk merawat pakaian dengan bahan ini. Karena jika Anda tidak merawatnya dengan benar, maka resiko kerusakan akan lebih besar terjadi.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk merawat pakaian dengan bahan chiffon:

Merawat pakaian dengan bahan chiffon saat mencuci

Sebelum mencuci pakaian dengan bahan ini, Anda perlu mengetahui dulu jenis chiffon pada pakaian Anda tersebut. Jika pakaian tersebu t merupakan pakaian dengan bahan chiffon polyester ataupun bahan chiffon yang dicampur dengan sutera, pilihan terbaik adalah mencuci pakaian tersebut secara manual dengan tangan, dan gunakan deterjen yang khusus untuk mencuci pakaian-pakaian yang lembut. Sebenarnya Anda juga dapat mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, namun pastikan untuk menggunakan fitur kecepatan yang rendah. Dan ingat jangan gunakan mesin pengering pakaian untuk mengeringkan pakaian tersebut karena akan beresiko merusak serat kain dari pakaian tersebut. Dan jika pakaian tersebut murni chiffon sutera, sebaiknya Anda mempercayakan jasa laundry profesional untuk mecuci pakaian tersebut, karena biasanya diperlukan metode dry cleaning untuk mencuci pakaian tersebut. Anda dapat menggunakan jasa kami, Wonderwash untuk mencuci pakaian ini.

Merawat warna pakaian dengan bahan chiffon

Tips untuk menjaga warna pakaian dengan bahan chiffon saat mencuci yaitu cuci pakaian dengan bahan ini secara terpisah dengan pakaian-pakaian lainnya. Mengapa begitu? Karena pakaian dengan bahan chiffon ini sangat mudah untuk menyerap warna, jika mencampur pakaian ini dengan pakaian-pakaian lainnya, dikhawatirkan pakaian ini lebih mudah terkena noda luntur dari pakaian-pakaian lain yang dicuci bersamaan dengan pakaian berbahan chiffon ini

Jangan khawatir dengan menyusutnya pakaian chiffon

Pakaian dengan bahan chiffon memang akan menyusut setelah dicuci, dan Anda tidak perlu khawatir karena hal ini adalah normal untuk pakaian-pakaian dengan bahan chiffon. Para desainer pakaian ini juga biasanya telah memikirkan hal tersebut dan telah memperkirakan batas susut dari pakaian berbahan chiffon ini. Hal ini bisa terjadi dikarenakan oleh tenunan bahan chiffon yang renggang.

Merawat pakaian dengan bahan chiffon saat penyimpanan

Anda harus melihat dulu bentuk pakaian berbahan chiffon ini, jika pakaian tersebut memiliki detil yang sangant banyak dan berat, sebaiknya disimpan dengan cara dilipat dan melapisi dengan kertas akan sangat membantu agar detil-detil yang ada pada pakaian tersebut tidak tersangkut. Dan jika pakaian tersebut cenderung polos, Anda dapat menggantungnya dengan menggunakan gantungan baju yang dilapisi oleh busa.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.