News & Articles

24 February 2016
Jenis-Jenis Kebaya Di Indonesia

Jika ada sebuah pertanyaan yang bertanya tentang apa warisan budaya nasional Indonesia dalam bidang mode, maka salah satu jawaban yang pasti akan diberikan yaitu kebaya. Ya, kebaya sudah menjadi simbol mode dari negara kita Indonesia, dan bukan hanya di Indonesia, kebaya juga sangat dikenal di dunia Internasional sebagai pakaian yang berasal dari Indonesia. Dan semakin berkembangnya zaman, kebaya di Indonesia juga telah mengalami berbagai macam perkembangan dalam modelnya, hal ini dikarenakan banyaknya desainer-desainer handal Indonesia yang menggunakan kebaya sebagai dasar karyanya, sehingga kita akan bisa melihat jenis-jenis kebaya yang mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dari kebaya pada masa lalu.

Dan jika berbicara mengenai kebaya, kebaya ini bukan hanya sekedar pakaian, namun ada banyak filosofi yang terkandung pada pakaian nasional Indonesia ini. Jika kita melihat kebaya, kita akan menyadari bahwa kebaya merupakan kebaya yang mengedepankan salah satu karakter bangsa Indonesia yaitu kesopanan. Dan selain itu bentuk pakaian kebaya yang mengikuti lekuk tubuh orang yang memakainya juga memberikan kesan seorang wanita Indonesia yang anggun dan feminism.

Dan mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa ternyata kebaya juga memilki banyak sekali jenisnya, dan penting untuk kita sebagai warna negara Indonesia juga mengetahui apa-apa saja jenis kebaya yang ada di Indonesia. Karena jika bukan kita yang mengetahui dengan jelas budaya kita dan melestarikannya, siapa lagi?

Dan berikut merupakan beberapa jenis kebaya yang ada di Indonesia.

Kebaya Jawa

Kebaya dipercaya memang berasal dari tanah Jawa, dan tentunya kebaya Jawa memiliki ciri khasnya sendiri jika dibandingkan dengan kebaya-kebaya yang berasal dari daerah lain yang mungkin telah mengalami beberapa penyesuai sesuai dengan keadaan geografis daerah tersebut. Dan kebaya Jawa memiliki bentuk yang tidak terlalu rumit, dan mempunyai ciri khas bentuk potongan leher yang menyerupai huruf V. Dan motif yang dipakai pada kebaya Jawa biasanya lebih sederhana dibanding daerah lainnya. Dan bahan yang digunakan biasanya berupa kain transparan yang tipis serta mempunyai motif yang dikombinasikan dengan pakaian dalam atasan.

Kebaya Kartini

JIka melihat dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahwa memang kebaya jenis ini merupakan kebaya yang biasa dipakai oleh perempuan yang berasal dari kalangan ningrat pada masa R.A Kartini.

Kebaya Encim

Kebaya jenis ini berbeda dengan kedua kebaya yang disebutkan sebelumnya, dan bentuk dari kebaya ini juga merupakan perpaduan dari pakaian tradisional khas Shanghai dengan kebaya dari melayu. Bahan yang biasa dipakai untuk membuat kebaya ini yaitu bahan katun. Perbedaan yang paling mencolok dengan kebaya sebelumnya ialah bentuk dari kerahnya, yaitu kerah yang berbentuk V namun mempunyai bordiran yang panjang sampai dekat bagian bawah kebaya tersebut.

Kebaya Bali

Kebaya Bali tentu saja merupakan kebaya yang biasa dipakai oleh masyarakat Bali, dan yang membedakannya dengan kebaya jenis lainnya adalah tambahan aksesori yang diletakkan pada bagian pinggang yang berbentuk seperti sabuk yang disebut obi. Aksesori tambahan ini ada dua jenis, satu yang memang terpasang pada bagian kebaya tersebut, dan jenis satunya ialah yang terpisah dari kebaya tersebut. Dan bahan yang dipakai untuk kebaya Bali biasanya adalah bahan brokat dan kain katun.

Kini Anda sudah mengetahui beberapa jenis dari kebaya yang ada di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan Anda tentang warisan budaya nasional Indonesia.