News & Articles

25 February 2016
7 Pakaian Tradisional Populer Di Dunia

Setiap negara pasti memiliki pakaian tradisionalnya masing-masing, dan tentu saja pakaian tradisional tersebut merupakan suatu hal yang sangat dibangga-banggakan serta selalu dilestarikan oleh setiap negara. Dan pakaian-pakaian tradisional ini juga sangat berbeda-beda pada setiap negara, hal ini disebabkan oleh banyak sekali faktor-faktor, sebagai contoh ketersediaan bahan baku yang ada di negara tersebut pada masa yang lampau. Selain bahan baku, bentuk pakaian tradisional dari suatu negara biasanya juga dipengaruhi oleh keadaan iklim dan geografis dinegara tersebut, itulah mengapa biasanya pakaian tradisional di daerah-daerah yang dingin cenderung lebih tebal dibandinkan dengan daerah-daerah yang beriklim panas.

Dan melihat bentuknya yang berbeda-beda tersebut, memang sangat menarik untuk mengulas berbagai macam pakaian tradisional populer dari berbagai macam negara. Dan secara khusus pada artikel ini kami mengulas tentang hal tersebut, sebenarnya ada sangat banyak sekali pakaian tradisional dari berbagai macam negara, namun kami akan mengulas beberapa pakaian tersebut yang memang dinilai cukup populer dan diketahui secara luas oleh dunia internasional.

Berikut merupakan 7 pakaian tradisional populer dari berbagai macam negara.

Kebaya

Pakaian ini tentu saja berasal dari Indonesia. Dan bentuknya dipengaruhi oleh budaya melayu. Pakaian ini sebenarnya merupakan pakaian yang hanya dipakai oleh keluarga kerajaan di tanah Jawa pada masa sebelum tahun 1600-an. Dan kebaya juga banyak sekali mengalami beberapa perubahan sampai masa sekarang ini, contohnya adalah kebaya yang memiliki motif yang beragam dan warna warni. Selain itu juga sangat banyak para desainer yang berlomba-lomba untuk membuat pakaian kebaya modern.

Kilt

Kilt merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Skotlandia. Pakaian tradisional ini sangat khas dengan pola rok kotak-kotak yang juga dipakai oleh seorang pria. Filosofi yang terkandung pada pakaian tradisional Skotlandia ini menggambarkan betapa luasnya kebudayaan Skotlandia yang tersebar di seluruh dunia, dan hal ini digambarkan melalui rok tersebut.

Niqab

Niqab merupakan pakaian tradisional yang dikenakan wanita-wanita di area Timur Tengah. Dan pakaian ini berupa kerudung yang dipakai dikepala dan menutupi seluruh wajah dari wanita yang memakai pakaian tersebut, terkecuali pada daerah mata saja. Selain dipakai di Timur Tengah, pakaian ini juga biasa dipakai oleh wanita yang beragama Muslim sebagai penyempurnaan pakaian jilbab, terutama pada negara-negara di kawasan Asia, Tenggara, India dan Afrika Utara.

Ouchanka

Ouchanka merupakan sebuah topi yang terbuat dari bulu binatang. Dan topi ini dipakai oleh masyarakat Rusia dan masyarakat pada kawasan Skandinavia. Topi ini juga dilengkapi dengan bagian yang berfungsi menutupi telinga dan leher. Topi ini juga mempunyai fungsi utama untuk memberikan rasa hangat pada masyarakat Rusia dan Skandinavia yang memang sebagian besar negaranya merupakan daerah dengan iklim yang sangat dingin.

Kaftan

Pakaian kaftan merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Persia. Bentuk pakaian ini menyerupai jubah yang panjang dan mempunyai bagian tangan yang panjang dan lebar pula. Bahan yan digunakan untuk pakaian kaftan ini biasanya merupakan bahan yang ringan dan menyerupai sutra. Dan seperti kebaya juga, pakaian kaftan juga telah banyak mengalami perkembangan dalam bentuk desainnya pada masa sekarang ini.

Kimono

Kimono tentu saja berasal dari Jepang. Kimono juga pernah menjadi pakaian yang dipakai oleh semua wanita jepang pada acara resmi hingga pada kegiatan sehari-hari, hal ini terjadi pada masa sebelum masuknya pakaian Eropa ke Jepang. Dan kini kimono lebih sering dipakai hanya pada acara-acara resmi atau pada saat acara atau upacara tertentu oleh wanita di Jepang.

Sombrero

Seperti ouchanka, sombrero juga merupakan sebuah topi. Dan sombrero berasal dari Meksiko. Topi ini cukup unik karena mempunyai bentuk yang tinggi serta memiliki tepi yang luas. Bentuk ini juga disesuaikan dengan keadaan di Meksiko yang cenderung panas agar dapat melindungi orang yang memakainya dari terik sinar matahari.

Demikian artikel kami tentang beberapa pakaian tradisional populer dari seluruh dunia, semoga bermanfaat.