News & Articles

30 November 2015
Tips Merawat Pakaian Dengan Bahan Denim

Bahan denim atau yang lebih dikenal sebagai jeans ini merupakan salah satu bahan pakaian yang sangat digemari di seluruh pelosok dunia, tak terkecuali di Indonesia. Anda bisa menemukan pakaian dengan bahan denim ini pada banyak sekali jenis pakaian, dan tidak hanya pakaian saja, berbagai macam aksesoris dengan bahan denim juga banyak sekali ditemukan. Anda bisa melihatnya dalam bentuk baju, celana, campuran kemeja, jaket, tas, dompet, dan masih banyak sekali contoh-contoh yang lainnya. Dan popularitas pakaian serta bahan denim ini tidak pernah menurun dari masa ke masa, bisa dikatakan produk-produk dengan bahan denim ini tidak mempunyai istilah ketinggalan jaman.

Produk-produk dengan bahan denin ini biasa diidentikkan dengan warna biru, walaupun pada masa sekarang kita juga dapat melihat warna-warna lain yang juga diminati dari produk berbahan denim tersebut. Dan salah satu masalah yang sering terjadi pada pakaian berbahan denim ini yaitu cepat memudarnya warna dari pakaian tersebut. Sebenarnya pun ada banyak orang yang menyukai pakaian berbahan denim karena pudarnya warna pakaian denim tersebut, karena dapat membuatnya terkesan personal dan unik.

Namun tidak semua orang berpikiran seperti itu, dan jika Anda salah satunya, maka Anda mungkin perlu mengetahui cara-cara untuk merawat pakaian denim tersebut agar selalu awet dan seperti baru.

Berikut merupakan cara-cara untuk merawat pakaian berbahan denim Anda agar selalu awet dan seperti baru:

  1. Jangan melipat pakaian denim Anda

Anda sebaiknya menyimpan pakaian denim Anda dengan cara digantung jika Anda menyimpannya pada lemari pakaian, karena jika Anda selalu melipat pakaian denim tersebut, maka bentuk dari pakaian tersebut dapat  berubah serta akan memiliki bekas lekukan lipatan yang tentunya menjadi pakaian Anda tidak indah dilihat. Hal ini dikarenakan oleh teksturnya yang keras jika dibandingkan dengan pakaian jenis lainnya, sehingga akan meninggalkan bekas lipatan jika dilipat terlalu lama di dalam lemari pakaian.

  1. Jangan terlalu sering mencuci pakaian denim Anda

Pakaian denim tidak bisa diperlakukan sama seperti pakaian-pakaian lainnya. Karena terlalu sering mencuci pakaian dengan bahan denim ini akan membuat warna biru nya cepat memudar. Jika tidak terlalu kotor, Anda dapat selalu menyimpan pakaian berbahan denim Anda pada tempat yang sejuk. Tetapi jika memang sudah kotor, Anda tetap sebaiknya mencuci pakaian denim Anda tersebut agar tetap nyaman saat dipakai nanti.

  1. Hindari sinar matahari langsung

Hampir semua jenis pakaian memang tidak boleh terpapar langsung oleh sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, terutama setelah dicuci. Hal ini juga berlaku pada pakaian dengan bahan denim, warnanya akan cepat sekali memudar jika Anda menaruhnya pada tempat yang langsung terpapar dengan sinar matahari, atau pada saat selesai mencuci, dijemur langsung dibawah sinar matahari langsung. Oleh karena itu jika Anda ingin pakaian berbahan denim Anda tetap awet warnanya, hindarilah sinar matahari langsung.

  1. Selalu membaca label perawatan

Tips yang terakhir adalah selalu membaca label perawatan jika Anda ingin mencuci pakaian berbahan denim tersebut, karena setiap merek pun biasanya juga memiliki cara perawatan sendiri-sendiri. Anda dapat melihat cara mencuci, penggunaan suhu air yang ideal, bahan kimia yang tidak boleh digunakan, dan masih banyak petunjuk-petunjuk yang bisa Anda lihat pada label perawatan tersebut.

Demikian cara merawat pakaian berbahan denim yang bisa kami bagikan pada artikel Anda, semoga pakaian berbahan denim Anda selalu awet. Semoga bermanfaat.