News & Articles

10 February 2016
Inspirasi 3 Kisah Pengusaha UKM Yang Memulai Bisnis Dari Nol

Memang jika kita melihat seorang pengusaha yang sangat sukses kita akan sangat ingin seperti mereka, tetapi mungki kita tidak tahu apa yang telah mereka alami untuk dapat sampai ke tahap yang telah mereka capai sekarang. Dan kisah-kisah mereka ini selalu dapat memberikan inspirasi bagi kita semua yang mendengar ataupun membacanya.                                                    

Jika kita melihat, sebenarnya didunia ini umumnya ada 2 macam pengusaha saja, yang pertama yaitu seorang pengusaha yang mendapatkan warisan dari kedua orang tuanya dan tinggal melanjutkan dan mengembangkan usaha yang telah ada tersebut, dan pengusaha yang memulai usaha mereka benar-benar dari nol, tentunya tidak semua pengusaha yang mendapatkan warisan dari orang tuanya tidak bisa menginspirasi, ada banyak dari mereka yang justru membuat usaha yang diwariskan oleh orang tuanya menjadi maju berkali-kali lipat, tentunya hal ini juga dapat menginspirasi kita semua. Namun jika kita melihat pengusaha yang memulai usahanya dari nol, biasanya kita dapat melihat kesusahan-kesusahan yang telah dilalui oleh orang tersebut dan kita bisa belajar banyak dari beliau, Karena itu kali ini kami ingin mengulas 3 orang pengusaha asli Indonesia yang memulai usahanya dari nol dan sangat kami kagumi karena juga telah memberikan inspirasi juga untuk kami.

Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak mengenal sosok wanita yang nyentrik ini, nama beliau mulai sangat dikenal sejak ia menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kall. Dan tidak tanpa dasar ia terpilih mendapatkan jabatan tersebut, karena ternyata beliau sangat sukses merintis usahanya  dari nol dibidang perikanan dan penerbangan . Susi yang hanya merupakan lulusan SMP memulai berbisnis sebagai pengepul ikan di Pangandaran bermodalkan perhiasan yang dijualnya. Dan mulai dari sana ia semakin maju dan maju hingga mendirikan maskapai Susi Air.

Sunny Kamengmau

Mungkin nama Sunny Kamengmau tidak setenar Susi Pudjiastuti, namun pria asal Nusa Tenggara Timur yang tak pernah lulus SMA ini sukses membuat tas dengan merek Robita dan menariknya tas ini sangat popular di Jepang, bahkan dipakai oleh kalangan-kalangan atas di sana.

Ia memulai karirnya dari menjadi tukang sapu di sebuah hotel di Bali, lalu menjadi satpam, dan disinilah pertemuannya dengan seorang pengusaha asal Jepang yang membuat hidupnya berubah seperti sekarang ini.

Bob Sadino

Nama mendiang Bob Sadino yang mempunyai nama asli Bambang Mustari Sadino sangatlah dikenal sebagai seorang pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol. Beliau memulai usahanya saat memutuskan berhenti menjadi karyawan BUMN yang menjadi pekerjaannya selama 9 tahun. Namun pada saat awal memulai usaha, berbagai macam kegagalan-kegagalan menimpa beliau, dari bisnis sewa mobil sampai menjadi buruh bangunan. Namun kegigihannya memberikan hasil saat beliau memulai bisnis peternakan ayam dengan memakai modal pinjaman dari seorang tetangganya. Dan lalu beliau memulai usaha telur ayam negri. Usaha ini awalnya dilakukan dengan cara menjual sendiri telur tersebut dari rumah ke rumah para ekspatriat yang berada di sekitar tempat tinggalnya. Dan akhirnya beliau menjadi sukses dan mendirikan supermarket terkenal yang bernama Kem-Chicks.

Semoga tokoh-tokoh diatas dapat memberikan inspirasi untuk Anda.