News & Articles

28 February 2016
Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif

Pada masa sekarang ini, banyak orang berlomba-lomba untuk membuat suatu bisnis yang berbeda dan kreatif agar dapat dikenal masyarakat dengan cepat. Namun tidak banyak juga pebisnis yang dapat menemukan ide bisnis yang kreatif tersebut dan pada akhirnya hanya meniru-niru ide bisnis yang sudah ada dan akhirnya tidak mampu bersaing dengan pendahulunya, kecuali jika pebisnis tersebut mempunyai modal yang sangat besar. Sebenarnya meniru bisnis yang sudah ada pun juga mempunyai peluang untuk berhasil, asalkan kita tidak meniru 100 persen dari bisnis yang sudah ada tersebut, tetapi menggunakan ide bisnis yang sudah ada tersebut dan memperbaiki segala kekurangan-kekurangan yang kita temukan saata menganalisa ide bisnis tersebut. Terkadang memang dibandingkan menemukan suatu ide bisnis yang benar-benar baru, menjalankan konsep bisnis yang telah terbukti diminati banyak orang juga merupakan suatu strategi yang sangat efektif, hanya saja tetap ingat, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita harus mengembangkan ide bisnis yang sudah ada tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Tetapi pada artikel kali ini kami secara khusus membahas cara menemukan ide bisnis yang baru dan kreatif, karena memang jika Anda dapat menemukan hal itu dan mewujudkannya serta berhasil, maka akan ada kepuasan yang lebih dibandingkan hanya mengembangkan suatu ide bisnis kreatif yang sudah ada.

Dan sebenarnya menemukan hal tersebut juga tidak terlalu susah, yang terpenting adalah pandai-pandai untuk membaca kondisi lingkungan tempat Anda akan memulai suatu bisnis tersebut. Dan kuncinya adalah menemukan masalah dan lalu menyediakan solusi atas masalah tersebut.

Dan untuk menemukan hal tersebut, ada beberapa tips dan langkah yang bisa Anda terapkan.

Selalu melakukan riset atas suatu ide bisnis

Jika Anda ingin menemukan suatu ide bisnis baru yang kreatif, hal yang sangat penting adalah melakukan riset yang baik, Anda tidak bisa hanya percaya pada pemikiran Anda sendiri tanpa melakukan riset yang tepat. Dan pada masa sekarang, melalukan riset tentang suatu ide bisnis yang akan diluncurkan menjadi lebih mudah dengan semakin pesatnya perkembangan internet. Saat ini data-data yang Anda butuhkan untuk menemukan suatu ide sudah sangat terbuka lebar, contohnya saja dengan memanfaatkan Google Trend, yaitu suatu tools yang disediakan Google secara gratis untuk mengetahui apa saja tren yang sedang terjadi pada suatu negara, tetapi selalu perhatikan apakah ide bisnis yang Anda temukan dari tren tersebut dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Jeli melihat masalah-masalah yang ada

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pandai-pandailah melihat masalah yang ada disekitar Anda. Terkadang masalah yang kelihatannya kecil pun dapat menjadi ide bisnis yang sangat kuat. Sebagai contoh, seorang Nadiem Makarim yang melihat masalah tentang banyaknya tukang ojek langganannya yang mengatakan sangat lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk mendapatkan calon penumpang, dari masalah tersebut, muncullan Go-Jek sebagai solusinya.

Melihat bisnis yang telah sukses

Anda masih tetap dapat menemukan ide bisnis yang baru jika Anda melihat model bisnis yang telah sukses terlebih dahulu. Kuncinya adalah mengembangkan ide bisnis tersebut menjadi lebih baik dan lebih segar. Sebuah konsep yang cukup terkenal dengan cara ini adalah ATM, yaitu amati, tiru, dan modifikasi. Oleh karenanya pandai-pandailah untuk melihat berbagai jenis ide usaha yang sudah berjalan dan terbukti diminati oleh banyak orang, dan lalu menggunakan ide bisnis tersebut sebagai dasar dari ide bisnis Anda yang baru nantinya, tentunya dengan modifikasi yang baik.

Demikian artikel kami tentang tips menemukan ide bisnis kreatif, semoga bermanfaat untuk Anda.