News & Articles

12 February 2016
5 Cara Jitu Mengembangkan Usaha Laundry

Usaha laundy merupakan usaha yang sedang banyak dicari-cari pada masa sekarang ini, karena gaya hidup masyarakat Indonesia yang telah menjadi lebih sibuk. Karenanya kebutuhan untuk jasa laundry sangatlah besar saat ini. Mungkin Anda juga mempunyai atau pernah berpikir untuk membuat usaha laundry juga seperti kami? Maka marilah kita bersama-sama belajar agar selalu menjadi pengusaha laundry yang lebih baik kedepannya. Dan pada artikel kali ini, kami ingin membagikan seperti apa tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha laundry Anda. Apa saja? Mari kita belajar bersama-sama.

Mengembangkan produk-produk usaha laundry yang sudah ada

Apapun usaha yang kita jalankan, kita harus selalu berinovasi mengembangkan produk-produk yang diminati oleh pasar kita. Mungkin Anda berpikir untuk selalu menemukan ide baru yang segar dan belum pernah ada untuk diterapkan pada industri Anda, namun Anda juga harus ingat bahwa cara seperti ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan produk yang belum pernah ada. Alternatif lainnya adalah, melihat berbagai macam produk yang sudah ada dan terbukti laku dipasaran lalu kemudian mengembangkan produk tersebut dengan lebih baik lagi, dengan mencari kekurangan-kekurangan yang ada pada produk tersebut dan memperbaikinya. Maka waktu yang diperlukan mungkin lebih singkat namun akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Menggunakan strategi bundling produk

Strategi bundling atau yang juga dikenal sebagai paketan terbukti efektif menarik minat pasar, apapun industrinya, tak terkecuali industri laundry. Dan strategi ini bisa di lakukan dengan dua macam cara, cara pertama yaitu dengan membuat paketan dari produk-produk yang kita miliki sendiri, seperti menjual 2 macam produk dengan 1 harga yang lebih murah, atau mendapatkan potongan untuk produk tertentu jika membeli produk tertentu pula. Dan cara yang kedua yaitu membuat paketan yang digabungkan dengan keuntungan dari perusahaan ataupun usaha yang lain, misalnya dengan menggunakan jasa laundry ditempat kita, maka pelanggan akan mendapatkan potongan di salon rekanan kita dan begitu juga sebaliknya, dengan begini maka kedua usaha akan saling diuntungkan.

Ikut serta dalam acara komunitas

Strategi ini terbukti efektif untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan yang loyal kepada usaha Anda. Anda dapat ikut serta kedalam kegiatan komunitas yang ada di kota Anda, dengan menjadi sponsor, atau memberikan harga khusus kepada anggota dalam komunitas tersebut. Anda dapat mencontoh Garuda Indonesia yang memanfaatkan komunitas, yaitu komunitas golf untuk bekerja sama dalam mengadakan event-event.

Menggunakan media sosial

Jika Anda melihat masa sekarang ini, perusahaan atau usaha apa yang tidak menggunakan media sosial untuk menjangkau calon-calon pelanggan mereka? Bahkan ada beberapa perusahaan yang meninggalkan strategi promosi konvensional dan beralih total ke media sosial. Karena memang biaya yang dikeluarkan sebenarnya lebih murah, dengan menggunakan sosial media, kampanye yang kita lakukan berpotensi untuk menjadi viral, dan jika ini terjadi maka biaya pemasaran Anda akan menjadi sangat murah. Selain itu menggunakan media sosial juga membuat hubungan usaha Anda dengan para pelanggan menjadi lebih dekat, dan hal ini memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan loyal yang akan sangat membantu perkembangan usaha Anda.

Bekerjasama dengan endorser

Strategi pemasaran dengan cara bekerja sama dengan orang-orang yang berpengaruh sangatlah efektif untuk sekarang ini, karena biasanya orang-orang tersebut mempunyai pengikut yang banyak  dan usaha yang diperkenalkan oleh mereka akan mendapatkan eksposure yang luar biasa besar, mereka adalah blogger-blogger yang mempunyai follower ataupun subscriber yang banyak pada blog mereka ataupun media sosial mereka. Anda dapat menghubungi mereka untuk bekerja sama. 

Semoga bermanfaat untuk Anda.